4 Organisasi keagamaan di PKN STAN

05 Nov 2018

Siapa yang masih ingat isi dari Pancasila? Pasti ingat dong! Kamu sudah mengenal Pancasila, sejak kamu duduk di bangku Sekolah Dasar bukan?

Ya, hal tersebut harus terus dipelajari agar kamu selalu ingat dan menerapkan asas-asasnya di kehidupan sehari-hari. Hal ini penting dilakukan demi mempertahankan kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Coba kita ingat dulu yuk isi Pancasila:

 

PANCASILA

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

 

Pada kelima sila ini, Pancasila mengajarkan agar seluruh Rakyat Indonesia senantiasa percaya dan takwa kepada tuhan yang menciptakan alam semesta dan seisinya. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan berani membela kebenaran & keadilan, rela berkorban untuk Bangsa dan Negara.

Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan agar nggak terjadi permusuhan, dan sila yang terakhir menghormati hak setiap orang dan bertoleransi.

Kamu berminat kuliah di PKN STAN? tepat sekali, karena PKN STAN salah satu Perguruan Tinggi yang sangat menjunjung tinggi nilai Pancasila, terlihat dari organisasi lembaga keagamaan, yang termasuk aspek pancasila pada sila pertama.

Penasaran apa aja sih lembaga keagamaannya? Yuk intip, ini dia 4 Organisasi keagamaan di PKN STAN.

 

1.MASJID BAITUL MAAL (MBM)

MBM adalah nama sebuah masjid di lingkungan Badan Diklat Keuangan yang dulunya terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Ketika pendidikan dipindahkan ke Jurangmangu, aktivitas MBM ikut berpindah dengan membangun sebuah masjid di lokasi kampus PKN STAN di Bintaro. Kegiatan MBM antara lain: Kajian mingguan dan bulanan, pelaksanaan shalat jumat, mentoring, pengumpulan zakat, dll. Sistem dakwah MBM cukup mapan sebagai sarana kaderisasi dan motor penggerak kegiatan-kegiatan keislaman di kampus.

 

2. PERSEKUTUAN MAHASISWA KRISTEN (PMK)

PMK merupakan lembaga keagamaan bagi mahasiswa STAN yang beragama Kristen. Dengan memegang slogan student today, leader tomorrow. PMK STAN berusaha menghasilkan alumni profesional dan takut akan Tuhan. PMK STAN rutin melakukan kebaktian yang dilaksanakan pada hari Jumat di kampus Bintaro.

 

3. KELUARGA MAHASISWA KATOLIK (KMK)

KMK merupakan lembaga keagamaan bagi mahasiswa STAN yang beragama katolik. KMK STAN terarah pada pembinaan dan penempaan mental spiritual berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta dijiwai iman dan moral kristiani. KMK menjadi wadah berkreasi, mengasah talenta, dan belajar berorganisasi, selai itu KMK juga berperan sebagai keluarga yang didalamnya terdapat anggota keluarga dari berbagai suku dan kebudayaan. Seluruh anggota KMK saling mendukung dan melayani dalam kasih.

 

4. KELUARGA MAHASISWA HINDU BUDHA (KMHB)

KMHB merupakan lembaga keagamaan yang menaungi seluruh mahasiswa STAN yang beragama hindu dan budha. KMHB memiliki visi menyediakan wadah untuk menjalin dan membina rasa kebersamaan, kesetiakawanan, khususnyadi antara anggota dan dengan masyarakat kampus pada umumnya melalui pembinaan mental dan aspek spiritual. Kegiatan KMHB mayoritas bernuansa keagamaan dan kebudayaan. Mulai dari persembayangan rutin setiap hari raya purnama/tilem, piodalan di pura, diskusi agama, hingga acara semacam ngelawar bersama juga diadakan disini.

Itu dia 4 Organisasi keagamaan di PKN STAN, jadi, jika kamu cinta dengan agama mu dan menjunjung tinggi nilai pancasila, terus kejar PKN STAN dan jangan sia-siakan kesempatan Ujian SPMB PKN STAN ya! Kalau kamu nggak tau mau konsultasi dimana, kamu bisa konsultasi dan sekalian belajar disini. Kamu bakal ketemu langsung dengan tentor yang asik dan pasti berkompeten untuk mengulik semua informasi PKN STAN dan Soal Ujian SPMB. Semangat!

 

Penulis : Dewi Shinta N
Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019