ENS Indonesia

Please wait...

Blog

MOTIVASI

5 Alasan Keluar dari Zona Nyaman yang Harus Berani Kita Coba

Published at 18 Oct 2018 12:36

Melakukan apapun yang kita sukai, menekuni hingga menjadikannya sebuah profesi mungkin sangat kita dambakan. Akan ada perasaan bebas, nyaman dan menyenangkan saat melakukan. Tentu saja karena kita terbiasa dan menjadi semakin nyaman karena bebas melakukan apa yang kita suka.

Namun tidak semua melakukan yang kita sukai bisa membantu kita untuk berkembang. Terlalu senang berada di zona nyaman terkadang membuat kita tertutup dan membatasi diri terhadap gerak gerik kita sendiri. Jika bukan yang kita sukai, seolah tidak ada alasan untuk kita melakukannya. Lalu apakah ini bisa membuat kita berkembang? Bukankah sebaiknya sekali saja dalam usia kita mencoba untuk keluar dari zona nyaman kita? Kenapa?

 

1. Kamu punya banyak kesempatan untuk mencoba

Selagi muda, kesempatanmu untuk mencoba hal baru masih sangat berlimpah. Terlalu nyaman membuatmu mungkin lupa bahwa di luar sana banyak hal yang mungkin pernah kamu lewatkan yang sesungguhnya membuatmu semakin sukses. Tidak ada yang pernah tahu dimana dan seperti apa kamu akan mengalamu masa gemilang. Jika kamu tidak mencoba, sulit bagimu menemukan apa saja yang kamu sukai.

Yakin saja di dunia ini tak hanya satu atau dua hal yang membuatmu bersemangat. Kamu akan menemukan saat berani mencobanya. Jangan sampai kamu merasakan penyesalan karena melewatkan kesempatan di usia mudamu. Setidaknya seklaipun gagal, kamu sudah pernah mencoba dan tahu rasanya.

 

2. Lawan rasa takutmu

Keluar dari zona nyaman bukan hanya melakukan hal baru untuk menemukan passion lainmu. Kamu akan melawan rasa takutmu akan suatu hal. Jika selama ini kamu selalu menghindari dan enggan mencoba karena takut gagal, maka lawan rasa takutmu.

Kamu memiliki hak yang sama dengan orang lain. Mencoba apa yang kamu sukai dan bahkan mencoba apa yang kamu takutkan. Kamu hanya perlu melawan rasa takut. Tidak perlu langsung menjadi sukses. Sebab semua butuh waktu dan penyesuaian.

 

3. Sukses itu butuh proses

Jika kamu yakin akan sukses dengan apa yang kamu lakukan saat ini. Tidakkah kamu penasaran jika kamu juga bisa sukses saat melakukan hal lain di luar kebiasaanmu? Kamu hanya perlu mencobanya, belajar dan mencoba untuk bertahan hingga kamu berhasil.

Tentu saja sekalipun kamu bertahan dan kekeh melakukan yang kamu sukai, tak semua bisa terus berjalan sesuai dengan harapan dan ekspektasimu. Kamu pun akan mengalami kegagalan yang mungkin membuatmu malas untuk melakukannya lagi. Itu sebabnya, mencoba keluar dari zona nyaman tidak ada salahnya.

 

4. Yakin pada kemampuan diri sendiri

Keluar dari zona nyaman akan melatihmu percaya pada dirimu sendiri. Kamu akan semakin yakin bahwa sebagai manusia, kamu dikaruniai kelebihan yang membuatmu mampu bertahan meski sering menerima kesulitan. Kamu adalah manusia dengan kekuatan yang mungkin sering kamu abaikan.

Mencoba hal baru bisa membantumu menemukan bagaimana dirimu. Apa yang kamu sukai sebenarnya. Kamu pun akan menyadari bahwa kamu bisa berjuang dan bertahan meski dengan banyak kesulitan yang selama ini kamu alami.

 

5. Membuka peluang bertemu orang baru

Yang akan sangat menyenangkan adalah saat kamu bertemu dengan ornag baru. Melakukan hal baru artinya kamu membuka peluang menambah lingkaran pertemananmu, hingga kamu membuka banyak kesempatan untuk bisa bekerjasama dengan orang-orang baru lainnya.

Bukan meninggalkan teman lama, kamu hanya akan menambah relasi dan kesempatan untuk lebih banyak belajar. Meski harus banyak beradaptasi, setidaknya kamu tahu bahwa kamu tidak sendiri. Akan ada banyak yang membantumu. Menolongmu hingga mendukungmu.

 

Sumber: 

idntimes.com

Related Article