ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

5 TIPE PELAJAR YANG INGIN MASUK STAN

Published at 15 Sep 2018 11:49

Buat kamu yang ingin mendaftar jadi peserta USM PKN STAN, pasti memiliki berbagai macam alasan. Ada yang memang ingin banget karena memang tertarik dan sudah lama mendengar tentang PKN STAN. Ada juga yang jadi ‘korban’ sosialisasi kakak-kakak alumni yang berkuliah di PKN STAN, hingga karena di’suruh’ oleh orangtuanya.

Hehe, yuk cari tahu tipe-tipe saingan kamu nanti, sekaligus temukan kamu ada di tipe peserta USM yang mana !

 

1. PKN STAN LOVERS

Biasanya mereka ini paling semangat bila mendengar kata “PKN STAN” disebut-sebut, soalnya udah sampai kebawa mimpi gitu keinginan untuk berkuliah di sana. Mereka juga yang paling semangat memantau berbagai info mengenai USM PKN STAN, bahkan sudah sibuk mempersiapkan diri disaat orang lain masih sibuk mikirin ujian nasional dan ujian akhir sekolah. Gak sedikit yang sudah sudah mempersiapkan diri bahkan sejak kelas 1 atau kelas 2 SMA. Mereka ini yang akan membuktikan bahwa setiap kerja keras dan usaha akan membuahkan hasil yang optimal.

 

2. KORBAN SOSIALISASI

Ada juga loh yang udah kelas tiga tapi gak tahu kepanjangan kampus PKN STAN. Soalnya cuma sekedar dengar tanpa ada rasa tertarik untuk masuk ke kampus tersebut.

Kemudian, negara api menyerang…. Hahaha ! Kemudian, datanglah alumni-alumni sekolah yang ingin menyosialisasikan mengenai kampus PKN STAN kepada adik-adik di SMA mereka dulu.

Disitu deh baru tahu, berbagai “keunggulan” yang ternyata benar-benar menggiurkan dan menjawab kebutuhan. Apalagi buat mereka yang masih terluntang-lantung alias belum tahu mau masuk universitas mana nantinya. Baru deh, sejak itu mereka bergabung bersama anak-anak di grup (1) untuk memburu segala info mengenai USM PKN STAN.

 

3. BACKUP PLAN KIDS

Nah di grup ke-(3), mereka tipe orang yang ‘asal masuk’. Jadi, mereka punya beberapa kampus yang ingin dituju, dan akan masuk ke kampus yang ‘menerima’ mereka. Intinya, mereka akan mengikuti semua tes, dari SBMPTN, USM, hingga UM kampus-kampus lain baik negeri ataupun swasta.

Jadi bagi mereka “USM PKN STAN” cuma salah satu opsi dan bukan prioritas. Mahasiswa/i PKN STAN yang dulunya ada di tipe ini bila ditanya kenapa dulunya ingin masuk STAN, mereka akan menjawab “Soalnya cuma ini doang yang lolos ujiannya”.

Ada salah satu pelajaran yang bisa kita ambil dari anak-anak di grup ini. Biasanya mereka tidak begitu menggebu-gebu dan akhirnya mampu mengerjakan ujian dengan tenang. Soalnya gak sedikit loh, yang gagal karena begitu cemas dan takut berlebihan hingga akhirnya blank ketika Ujian. Duh… jangan sampai begitu ya, teman-teman.

 

4. NGIKUT TEMEN MOOD

Ini kayak yang nomor (2), tapi karena ‘ikut-ikut’-an teman. Karena melihat banyak teman-temannya yang ikut USM PKN STAN, jadi deh ikut-ikutan juga. Kalau lulus ya syukur, kalau engga, ya cari yang lain. Hehe, pasti kamu punya teman yang seperti ini atau jangan-jangan, kamu salah satunya ?

 

5. GRUP TAAT ORANGTUA

Hahahaha, frontal banget, ya ?

Emang kenyataannya kok. Tapi orangtua selalu menginginkan hal terbaik kok buat anak-anaknya. Makanya walapun awalnya dipaksa, kebanyakan, ujung-ujungnya merasa bersyukur karena ‘dipaksa’ oleh orangtua mereka dulunya. Soalnya baru sadar bahwa kampus PKN STAN memang top dan baik buat mereka.

Tapi ingat teman-teman bila kamu merasa benar-benar ‘terpaksa’, ada lebih baiknya membicarakan hal ini dengan orangtua kamu. Orangtua kamu pasti ngerti deh bila kamu menjelaskannya dengan baik dan penuh pengertian. Soalnya orangtua kan cuma ingin yang terbaik buat anak-anaknya ^^



Nah!!! Itu 5 tipe pelajar yang ingin masuk STAN. Kamu tipe yang mana guys? Yuk komen dibawah ini.

 

Sumber:  

http://ptn.sostan.id/2017/02/23/5-tipe-peserta-usm-pkn-stan-kenapa-ingin-masuk-stan/

Related Article