6 Langkah mengasah Kreativitas yang berdampak terhadap Kesuksesanmu di masa depan

06 Nov 2018

Setiap orang memiliki jalan untuk sukses, termasuk jalan sukses melalui kreativitasmu. Di era digital ini, teknologi sudah sangat menguasai dunia dan mengalami shifting atau pergeseran.

Dalam dunia kerja, pendidikan, sampai hiburan, pasti sudah berkembang menggunakan teknologi digital. Jadi jangan sampai kita dibodohi dengan perkembangan teknologi digital ya! Kamu harus pintar memanfaatkan perkembangan teknologi digital ini dengan kreativitasmu.

Lalu bagaimana kita menemukan kreativitas? Jawabannya, dimana saja, bisa di sekolah, di komunitas, di tempat bimbel, atau di lingkungan kamu sendiri. Menjadi kreatif nggak perlu menghafal atau menghitung kok. Cuman perlu bersosialisasi dan melek dengan informasi. Kepekaan dibutuhkan dalam proses kreatif.

Kalau kamu peka dengan fenomena yang terjadi di lingkungan kamu, akan ada ide kreatif akan muncul di benak mu. Contohnya dengan membuat wadah kreativitas di lingkungan kamu sendiri, melihat perkembangan teknologi dan digital yang disalah gunakan dengan orang tua zaman now, yang rela memberikan smartphonenya agar si anak nggak mengganggu mereka masak di dapur. Nggak gitu!! Itu nggak bagus tau, kerena, merusak mata dan motorik anak akibat bermain games berjam-jam.

Jika kamu berhasil mengembangkan wadah kreativitas dengan baik, kamu bisa menjadi salah satu pelopor di lingkungan ataupun masyarakat Indonesia lho. Dan bila diundang oleh berbagai acara televisi dalam program inspirasi itu dampak dari kreativitas kamu  kreativitas kamu.

Lalu bagaimana tahapan menjadi orang sukses melalui kreativitas? Yuk simak step by step nya.

 

1. Tekuni hobimu

Kamu mesti bisa menentukan mau jadi apa untuk masa depanmu. Makannya dari kita TK sampai SMA, pertanyaan “Cita-cita kamu mau jadi apa?” sudah sering kamu dengarkan ‘kan?

Dengan menentukan ingin jadi apa. Ada hubungannya dengan hobi yang saat ini kamu tekuni.

 

2. Bergaul dengan Orang yang Memiliki minat yang sama

Dengan bergaul dengan minat yang sama denganmu, akan jauh lebih bersemangat, bisa lebih konsisten, tapi yang paling penting adalah kamu bisa brainstroming ide. Itulah keuntungan kamu bergabung dengan orang yang punya minat yang sama.

 

3. Liburan

Selain cari teman melalui komunitas dan bimbel, kamu bisa mengasah kreativitas melalui jalan-jalan. Semakin sering kita jalan-jalan, semakin banyak fenomena yang kita lihat di dunia ini. Hal ini bisa menggali kreativitas kamu lho.

 

4. Optimis!

Untuk meraih cita-cita, pasti kita ragu untuk memulainya. Kalau mau buka usaha, takut bangkrut. Mau kerja sama orang, takut kena marah bos. Kalau kaya gitu caranya, kuncinya adalah Optimis! Jika kamu yakin kamu bisa, jangan takut untuk mencoba.

 

5. CV kreatif

Jika takut buka usaha sendiri, masih banyak perusahaan yang membuka peluang kerja buat kamu kok. Tapi untuk diterima di perusahaan terbaik pun nggak semudah yang kamu bayangkan. Persaingan dari berbagai lulusan SMA dan Universitas pun bakal kamu hadapi saat melamar kerja.

Di sinilah kreativitas kamu diuji, jika kamu membuat CV yang biasa saja, mungkin perusahaan bakal menggeser dengan orang yang lebih kreatif lainnya. Apalagi di era digitalisasi seperti ini, CV yang hanya berupa tulisan saja sudah nggak berlaku di ruang lingkup perusahaan, di sini kamu harus buat CV yang menarik dan kreatif.

 

6. Ubah sosial mediamu semenarik mungkin

Di zaman teknologi digital, media sosial sudah menjadi salah satu syarat penting perusahaan untuk melihat aktivitas pelamar di media sosial. Biasanya perusahaan minta akun Instagram, Facebook atau Twitter kamu, untuk melihat aktivitasmu. Kegiatan yang pernah kamu lakukan, lewat akun media sosial mu. Maka dari itu, ubah media sosial mu semenarik mungkin. Jangan foto selfie mu saja, tapi upload juga beberapa porfolio mu di Media sosial. Pasti HRD yang ngecek media sosialmu langsung klepek-klepek deh.

 

Jadi itu dia 6 langkah mengasah kreativitas yang berdampak terhadap masa depanmu. Selamat mencoba!

 

Penulis: Dewi Shinta N.

Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019