ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

7 Tips Ini Bantu Kamu agar Bisa Lulus Tes Kesehatan dan Kebugaran PMB PKN STAN!

Published at 15 Nov 2018 15:00

Hai STANERS! Sudah sejauh mana persiapan kamu untuk mengikuti berbagai rangkaian tes? Sudah SIAP pastnya, mulai dari ikut bimbel hingga rajin latihan soal. Namun dari semua kegiatan yang kamu lakukan itu jangan sampai kamu lupa untuk menjaga kesehatan ya!

Semaksimal apapun kamu mempersiapkan kalau keadaan badan kamu nggak fit, sama aja kamu nggak dapat hasil yang maksimal. Ujian tertulis memang menjadi tahap pertama yang akan menentukan kamu bisa lanjut ke tahap berikutnya. Memang harus kok kamu belajar ‘mati-matian’ tapi kamu juga tau kan tes di tahap kedua itu apa?

Yuupps! Tes kesehatan dan tes kebugaran, kan sayang kalau kamu udah lulus di ujian tertulis tapi nggak lulus di tes kesehatan dan kebugaran hanya karena kondisi kamu lagi nggak fit, pasti kamu nyesel deh ‘kenapa nggak jaga kesehatan dari dulu?’

Untuk menghindari diri dari rasa penyeselan tersebut, kamu bisa coba 7 tips yang bisa kamu coba untuk menjaga kesehatan kamu, apa aja? simak!

 

1. Latihan Fisik Enam Bulan Sebelumnya

Kenapa enam bulan? Lama banget dong! Tujuannya adalah untuk membentuk pola pembiasaan, kamu bisa mulai dengan yang ringan seperti jogging, berenang, bersepedah atau aerobic atau olahraga apapun yang kamu suka, kamu bisa lakukan seminggu 2-3 kali di bulan pertama. Setelahnya kamu bisa tingkatkan menjadi 3-4 kali seminggu. Dan kamu bisa selingi dengan latihan berlari dan suttle run jangan lupa untuk mengukur kecepatan berlari kamu menggunakan stopwatch setiap berlatih.

Latihan fisik ini akan sangat berguna untuk kamu saat tes kebugaran nanti. Karena badan kamu akan berbiasa capek dengan latihan fisik berbulan-bulan sebelumnya. Selain itu dengan rutin berolahraga juga baik untuk tubuh kamu, kamu akan terlihat lebih fresh dan sehat untuk melakukan berbagai aktivitas.

 

2. Konsumsi Makanan Bergizi dan Teratur

Tiga bulan sebelum tes kamu harus mulai menghindari makan yang kurang sehat seperi fastfood, soda, dan makanan yang terlalu manis. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi dan makan yang teratur. Ingat! Untuk lulus PMB PKN STAN, berat badan ideal juga menjadi suatu hal yang dipertimbangkan. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan latihan fisik selama tiga bulan bisa lho bikin kamu punya berat badan yang ideal.

 

3. Check Up Tiga Bulan Sebelumnya

Ada baiknya kamu melakukan check up walaupun selama ini kamu nggak pernah merasa sakit, merasa baik-baik aja tapi dilakukan agar mengetahui apakah kamu mengidap penyakit. Kamu punya waktu untuk menyembuhkannya atau menghindari hal-hal yang bisa membuat penyakit kamu kambuh.

 

4. Datang Lebih Pagi

Kamu harus datang pagi-pagi sekali agar dapat nomor antrian di awal, selain kamu merasa fresh juga terhindar dari tergesa-gesa. Dan nanti ketika tes kebugaran juga dapat di awal. Nggak kebayangkan lari di siang bolong panasnya kaya apa.

 

5. Jangan Nervous

Pada saat hari H tes kesehatan dan kebugaran, pasti kamu deg-degan tapi usahakan untuk tetap tenang karena nanti akan ada pemeriksaan tensi darah dan denyut nadi. Nah, tensi darah dan denyut nadi ini bisa berubah-ubah tergantung kondisi kamu saat itu. Jadi harus tenang ya agar tetap normal karena kalau kamu terlalu nervous tensi kamu otomatis akan naik.

 

6. Gunakan Pakaian Dan Sepatu Yang Nyaman

Ini penting, kalau kalau pakai sepatu yang nggak bikin nyaman akan berpengaruh terhadap kestabilan kamu saat berlari dan itu akan mengurangi penilaian lho. Apalagi kalau sampai tiba-tiba kamu jalan di tengah-tengah lapangan, kamu bakal langsung dicoret.

 

7. Jangan Terlihat Lelah

Nggak lelah gimana udah lari 5-8 putaran! Iya memang, tapi usahakan wajahmu nggak keliatan capek banget apalagi sampai mengeluh berlebihan, kamu harus terlihat bahagia, baik-baik saja dan tunjukan kalau kamu kuat!

Last but not least, berdoa ini point terpenting yang jangan sampai kamu lewatkan ya karena usaha tanpa doa pasti nggak akan maksimal, jadi keduanya harus berjalan beririginan.

Gimana siap?


Penulis : Anggun Widaningsih
Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article