ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Bagaimana Meyakinkan Orangtua agar Setuju dengan Jurusan Pilihanmu?

Published at 16 Nov 2018 15:15

Mendekati lulus SMA pasti kamu sudah mulai memilih-milih mau melanjutkan kuliah dimana dan mengambil jurusan apa. Tentunya kamu akan mengambil jurusan sesuai dengan hal yang kamu sukai kan?

Kamu pasti akan mengambil jurusan sesuai dengan passion kamu, selain akan terasa lebih mudah dan menyenangkan menjalaninnya kalau bidang yang kamu jalani itu sesuai dengan bakat, minat serta keinginan kamu.

Teradang harapan orangtua sering nggak sejalan dengan apa yang telah kamu rencanakan. Misalnya, kamu ingin melanjutkan pendidikan di bidang seni tapi orangtua kamu menolak karena menganggap kalau seni nggak memiliki prospek kerja di masa depan.

Lalu, mesti bagaimana dalam mengambil sikap?

 

1. Beri Tahu Alasanya

Kalau kamu sudah yakin dengan jurusan kuliah yang kamu pilih, kamu harus bisa menyakinkan orangtua kamu, dengan cara menjelaskan tentang jurusan yang kamu pilih tersebut dengan selangkap-lengkapnya.

Jelaskan kalau kamu sudah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang jurusan tersebut  dan sudah melakukan riset pada mahasiswa dan alumni jurusan tersebut tentang prospek kerja, hal-hal yang dipelajari, sampai strategi kamu untuk menembus jurusan kuliah tersebut.

Kamu harus bisa menunjukan kalau jurusan yang kamu pilih adalah jurusan yang terbaik, dan kamu akan benar-benar serius menjalaninya.

 

2. Buat Kesepakatan

Yakinkan orangtua kamu kalau kamu akan belajar dengan sebaik-baiknya dan akan meraih prestasi akademik yang baik, dan bisa mempertahankan nilai bahkan selalu berusaha untuk meningkatnya dengan baik. Buat kesepakatan kalau misalkan kamu nggak bisa dapat prestasi akademik yang baik kamu rela pindah ke jurusan pilihan orangtua kamu, dengan biaya dari kantong kamu senidiri atau di potong dari uang jatah bulanan kamu.

Hal ini juga akan membuat kamu memiliki rasa tanggungjawab, karena ketika kamu berani mengambil sikap kamu juga harus berani juga dengan konsekuensinya. Iya kan?

 

3. Bicara Dengan Baik dan Sopan

Nggak sedikit malah bertengkar dengan orangtua sebab hal ini. Di sinilah poinnya, yakni komunikasi, kalau kamu bisa menyampaikannya dengan baik pasti orangtua kamu akan mengerti dan mendukungmu kok.

Kamu harus bisa menyampaikan dengan baik, dengan begitu orang tua kamu akan mengerti. Karena orangtua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya. Jelaskan kalau kamu sudah mulai dewasa, kamu sudah tahu apa yang kamu ingin jalani, dan kamu ingin meraih kesuksesan yang sesuai dengan passion kamu, yang tentunya perlu dukungan dari orangtua.

 

Ingat ya, harus berbicara dengan baik dan sopan saat meyakinkan orang tua kamu, walaupun sebenarnya sangat bertolak belakang dengan pemikiranmu tapi kamu harus bisa untuk meredam ego kamu, tunjukan kedewasaan kamu, sehingga orang tua kamu akan bisa yakin kalau kamu serius dan bisa bertanggungjawab hingga ke depannya nanti.

 

Penulis : Anggun Widaningsih

Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article