Inilah 3 Cara Praktis untuk Mengasah Kecerdasanmu

08 Nov 2018

Berbicara soal kecerdasan, kepintaran, kejeniusan hampir setiap orang pasti ingin memilikinya. Kamu juga tentunya kepengen dong jadi orang yang memiliki hal itu. Tapi faktanya kepintaran setiap orang itu berbeda, hal itu dapat dibuktikan dengan tes IQ.

Jangan membandingkan IQmu dengan siapapun, selain kamu nggak bersyukur, juga menimbulkan kesombongan. Kepintaran itu berkaitan dengan kapasitas otak. Orang pinter itu salah satunya dipengaruhi oleh kapasitas otaknya dalam mencerna informasi.

Salah satu cara meningkatkan kecerdasan dalam berpikir, ya kamu belajar. Mulai rajin belajar, membaca, menjadi cerdas bukan menjadi faktor sukses, tapi dengan kemampuan berpikir yang optimal. Itu membantu banget.

Ada kok cara yang mungkin nggak kamu sadari tapi sebenarnya itu bisa lho untuk meningkatkan kecerdasan kamu:

 

1. Banyak Membaca

Hampir sering kita baca dan dengarkan kalau “buku adalah gudang ilmu” dan itu benar adanya. Yuk mulai budayakan membaca, semakin banyak membaca semakin banyak kamu tau. Selangkah lebih depan dari orang yang nggak tau alis nggak membaca.

Kalau kamu bosen baca buku pelajaran, kamu boleh kok sesekali membaca buku fiksi seperti, novel, komik, atau buku apapun yang kamu suka yang penting kamu membiasakan diri untuk rajin membaca.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Baca Buku Fiksi

 

2. Kepo (Curiosity)

Kepo atau rasa tahu yang tinggi merangsang otak untuk terus berpikir. Mulai kepo sama hal yang berpengetahuan, berita, kejadian apa yang ada di masyarakat bukan kepo tentang urusan orang lain atau kepo-kepo tentang hal yang sama sekali nggak ada faedahnya.

Karena cerdas itu nggak melulu soal teori-teori di buku tapi kamu juga bisa mendapatkan pemahaman melalui pengalaman, bahkan pengalaman orang lain bisa kamu jadikan pelajaran.

Misalkan kamu punya teman yang juara kelas terus atau juara di olimpiade matematika, nah kamu harus banyak sharing sama mereka, jangan malu bertanya, jangan malu untuk kepo tentang tips and trik belajarnya.

 

3. Manfaatkan Internet

Berkembangnya internet di era digital ini membuat kita mudah dalam mengakses informasi dalam bentuk apapun. Kamu bisa dengan bebas mencari informasi sebanyak-sebanyak tentang apa yang pengen kamu tau. Tentunya harus informasi yang berfaedah, dengan begitu peluang kamu untuk menjadi cerdas akan meningkat dan bertambah. Maka dari itu bijaklah dalam menggunakan internet.

 

Walau pun praktis tapi untuk menjadi cerdas tetap nggak bisa instan ya! Kamu tetap butuh latihan dan harus belajar yang rajin juga. Mana nih yang bakal kamu lakukan?

 

Penulis: Anggun Widaningsih
Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019