ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Kelas 12 Jangan Terlalu Santai! Ada 5 Hal yang mesti kamu persiapkan sebelum jadi Mahasiswa

Published at 23 Oct 2018 14:10

Menjelang tahun terakhir di sekolah banyak hal yang perlu kamu persiapkan, kamu harus tau medan perang kaya apa yang bakal kamu hadapi. Mulai dari menajemen waktu yang baik supaya nanti nggak keteteran. Hingga manajemen keuangan. Biar nggak bokek di akhir pekan. Hehe.

Bayangkan aja dalam kurun waktu kurang lebih 4 bulan kamu harus menyelesaikan US, Ujian Praktikum, UNBK, SPMPTN, Ujian Mandiri, serta SPMB STAN kalau kamu berencana mau masuk STAN.

Kalau kamu kurang perencanaan buat menghadapi ujian-ujian tersebut, bisa dipastikan hasilnya kurang maksimal. Biar nggak ribet di akhir, ada baiknya kamu mulai mempersiapkan apa aja yang mesti disiapkan menjelang tahun terakhir di sekolah.

 

1. Ujian

Yaps, tahun terakhir sekolah adalah tahun ujian. Kamu bakal melewati berbagai ujian jadi mesti rajin-rajin mendalami materi dan latihan soal-soal. Kalau kamu melakukannya secara rutin itu bakal membantu kamu menghadapi ujian. Udah nggak jaman pake sistem SKS karena nggak ada faedahnya dan kamu nggak akan dapet hasil apa-apa, yang ada malah bikin kamu pusing nggak karuan.

Baca juga: Bosen Belajar Cara Lama? 5 Cara Ini Bikin Belajarmu Excited Terus

 

2. Kurangi Kegiatan Non-Akademis

Seperti yang kamu ketahui, tahun terakhir sekolah adalah tahun ujian. Jadi udah saatnya pelan-pelan kamu meninggalkan kegiatan non-akademis kamu seperti OSIS, kepanitiaan dan ekstrakurikuler. Dengan tujuan supaya kamu bisa mengatur waktu untuk kegiatan yang lebih berdampak untuk hasil ujianmu.

Tapi bukan berarti kamu jadi an-sos (anti sosial) ya! yang kegiatannya jadi cuma sekolah-pulang sekolah-pulang, kamu tetep bisa ikut terlibat di hal-hal yang kamu senangi biar nggak stres karena belajar melulu, namun waktunya diatur ya.

Baca juga: 5 Aktivitas ini Membantumu Mengurangi Stres saat Menghadapi Ujian

 

3. Menentukan Jurusan Kuliah

Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh kebanyakan siswa. Termasuk kamu kan? butuh waktu dan data untuk menjawanya. Karena mesti dipikirkan matang-matang,  mulai mengenali bakat, minat dan kemampuan kamu, juga baiknya diselaraskan dengan keinginan orangtua. Karena orangtua kamu pasti pengen tau sejauh mana peluang pekerjaan yang kamu dapatkan nanti.

 

4. Memilih Kampus

Ini sama bingungnya seperti menentukan jurusan. Tapi PTN tetap jadi primadona karena kualitasnya lebih bagus dan juga biaya cenderung lebih murah. Nggak heran jadi rebutan banyak calon mahasiswa. Dan buat kamu yang mengidamkan masuk PTN harus rela belajar dari gelap sampe gelap demi masuk PTN yang persaingannya luar biasa.

Tapi jangan berkecil hati kalau misalkan kamu nggak lolos di PTN, banyak juga kok PTS yang nggak kalah bagus dari PTN, tinggal inisiatifnya kamu aja buat cari informasi sebanyak-banyaknya.

 

5. Menyusun CV

Jangan melewatkan hal yang satu ini, nggak ada salahnya kok kamu mempersiapkan CV ketika kamu lulus SMA. CV bakal kepake banget buat nanti di kampus apalagi buat kamu yang senang aktif di keorganisasian. Bisa juga kepake kalau kamu mau kuliah sambil kerja, kamu bisa coba cari pekerjaan freelance supaya kamu lebih produktif lagi.

 

Hal hal apa nih yang bakal kamu coba duluan? Sebelum berakhirnya masa SMA kamu, masa-masa paling indah yang pastinya bakalan bikin kamu kangen banget ya? 😍

 

Penulis: Anggun Widaningsih

Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article