Kenali jurusan Bea dan Cukai PKN STAN yuk!

02 Nov 2018

Kamu tertarik mengambil jurusan Bea dan Cukai? Bagi kamu yang sedang mencari kampus dan jurusan yang nggak biasa tapi prospek kerjanya bagus? di PKN STAN lah jawabannya.

Sudah kuliahnya gratis, bisa kerja di kantor Kemenkeu lagi. Jurusan Bea dan Cukai menyediakan dua program studi, yaitu D1 dan D3. Khusus untuk D3 itu sendiri hanya ditawarkan untuk laki-laki.

Baca juga: Kenapa PKN STAN Jadi Rebutan Ratusan Ribu Calon Mahasiswa Setiap Tahunnya?

Sebelum Ujian SPMB kamu wajib tau dulu seluk-beluk jurusan yang bakal kamu ambil, karena jika ditanya “kenapa memilih jurusan Bea dan Cukai?” kamu sudah jawaban yang pas. Yuk simak penjelasannya.

 

Apa Bea dan Cukai itu?

Pertama kita ulik dulu yuk pengertian antara dua kata tersebut yaitu Bea dan Cukai. Pengertian Bea adalah pungutan negara yang dikenakan terhadap barang-barang impor dan ekspor.

Sedangkan untuk pengertian Cukai adalah pungutan negara yang dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang mempunyai sifat ataupun karakteristik yang ditetapkan dalam undang-undang.

Bila digabungkan, Bea Cukai adalah fakultas yang mempelajari tentang seluruh barang-barang yang ada di dunia, dan nantinya dari barang-barang tersebut akan dipungut pajaknya berupa Bea masuk, Bea keluar, dan Cukai.

Bea Masuk itu pajak untuk barang impor. Bea Keluar itu pajak untuk barang ekspor. Dan Cukai itu pungutan negara yang dikenakan oleh barang-barang tertentu dengan berbagai pertimbangan yang memiliki sifat atau karakteristik.

Adapun karakteristik atau ciri-ciri tersebut adalah sebagai berikut: 

  1. Konsumsi perlu dikendalikan 
  2. Peredarannya diawasi 
  3. Penggunaannya dapat menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat ataupun dalam lingkungan hidup. 
  4. Penggunannya memerlukan pembebanan pungunan negara demi terciptanya keadilan dan keseimbangan (terhadap barang yang dicirikan sebagai barang mewah atau yang memiliki nilai tinggi) dikenai cukai.

 

Nggak hanya itu, yang memberikan pengawasan dan yang mengurus mengenai bea cukai atau yang biasa disebut dengan Kepabeanan. Pengertian Kepabeanan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pengawasan lalu lintas barang yang masuk atau keluar daerah pabean dan pemungutan Bea Masuk.

Dalam melakukan Kepabeanan, juga memiliki lokasi tertentu. Kawasan mengenai Pabean adalah kawasan yang memiliki batas-batas tertentu disetiap unit pelabuhan laut, bandar udara, atau tempat yang telah ditetapkan sebagai lalu lintas barang yang sepenuhnya berada dalam kawasan pengawasan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Daerah pabeanan adalah wilayah RI yang terdiri dari wilayah barat, perairan dan ruang udara di atasnya serta tempat-tempat tertentu yang berada di Zona Ekonomi Ekslusif dan landas kontinen yang di dalamnya berlaku sebuah undang-undang ini.

Sebagai sekolah yang anti nganggur, PKN STAN akan menyalurkan seluruh lulusannya menjadi PNS di sebelas instansi yang ada di Kemenkeu. Salah satunya adalah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) yang nantinya akan jadi tempat mahasiswa Bea dan Cukai bekerja. Oleh karena itu nggak perlu mengkhawatirkan lagi prospek jurusan Bea dan Cukai ke depannya

Lulusan dari jurusan Bea Cukai nantinya akan ditempatkan di Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) yang berada dibawah Kementerian Keuangan. Ada beberapa bidang di DJBC setelah kita mulai bertugas, yaitu:

  • Penindakan dan Penyidikan (P2)
  • Kepabeanan Internasional
  • Kepatuhan Internal
  • Informasi
  • Cukai
  • Teknis Kepabeanan
  • Peraturan dan Penerimaan
  • Audit
  • Fasilitas

 

Nah, jadi udah paham kan jurusan yang bakal kamu pelajari? Jika lolos SPMB PKN STAN, Prospek kerjanya juga mantap bukan?

Makanya agar informasi yang kamu dapatkan nggak sia-sia, kamu harus belajar sungguh-sungguh dari sekarang ya!

baca juga: 5 Fakta Menarik dari Bimbel

Jika bingung mau belajar dimana, di ENS tempatnya. Di sini kamu bakal kenal sama guru yang berkompeten dan berpengalaman di dunia PKN STAN. Yuk kuliah PKN STAN jurusan Bea dan Cukai!

 

Penulis : Dewi Shinta N
Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019