Mahasiswa PKN-STAN Mesti Kenal Semua Lini Kampus

03 Nov 2018

Di setiap kampus akan selalu ada organisasi yang mendukung masa perkuliahan-mu, baik dari internal dan eksternal termasuk di PKN STAN. Sebelum menjadi bagian dari keluarga mahasiswa PKN STAN, kamu wajib tau dulu apa saja sih yang termasuk dari keluarga PKN STAN, Yuk simak!

 

Keluarga Mahasiswa PKN STAN            

Badan Legislatif Mahasiswa (BLM)

BLM STAN merupakan badan kegiatan mahasiswa yang berfungsi sebagai pengawas dan pengendali kehidupan dalam lingkup keorganisasian dan aspirasi mahasiswa. Dengan begitu BLM STAN merupakan struktur tertinggi dalam keorganisasian mahasiswa Kampus STAN. Badan Legislatif Mahasiswa ibaratnya berfungsi sebagai DPR dalam sistem tata pemerintahan NKRI. Fungsi BLM STAN dipertanggungjawabkan dalam Rapat Akbar Keluarga Mahasiswa (RAKM) STAN.

 

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

Merupakan badan kegiatan mahasiswa yang berfungsi sebagai pelaksana dan koordinator kegiatan UKM STAN yang dilaksanakan di dalam dan di luar Kampus STAN. BEM bertugas mengkoordinasikan seluruh kegiatan mahasiswa STAN.

 

Badan Audit Keuangan (BAK)

BAK STAN resmi berdiri tanggal 7 Agustus 2010. BAK merupakan badan kegiatan mahasiswa yang berkonsentrasi di bidang audit. Badan Audit Keuangan bertugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab tentang keuangan Keluarga Mahasiswa STAN.

 

LEMBAGA PERS MAHASISWA

MEDIA CENTER

Media Center STAN merupakan organisasi mahasiswa PKN STAN yang bergerak dalam bidang jurnalistik dan berstatus sebagai Lembaga Pers Mahasiswa. Dengan Jargon “Mencerdaskan dan Mencerahkan”.

Media Center STAN selalu mengupayakan terciptanya arus informasi yang efektif dan faktual di masyarakat, khususnya bagi mahasiswa STAN. Media Center STAN menciptakan produk jurnalistik berupa tabloid Civitas dan buletin Oven News.

Media Center STAN juga mengelola situs www.mediacenterstan.com yang berisi kabar-kabar teraktual seputar STAN.

 

PANITIA PEMILIHAN RAYA STAN

Pemilihan Raya atau biasa disebut Pemira merupakan sarana untuk mewujudkan kedaulatan mahasiswa sebagaimana diamanatkan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Keluarga Mahasiswa STAN.

 

Himpunan Mahasiswa Prodi

  • Ikatan Mahasiswa Pajak (IMP)
  • Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAS)
  • Himpunan Mahasiswa Penilai (HMP)
  • Himpunan Mahasiswa PPLN (HIMA PPLN)
  • Forum Komunikasi Mahasiswa Anggaran (Fokma)
  • Keluarga Mahasiswa Bea dan Cukai (KMBC)

 

Badan Otonom

KOPERASI MAHASISWA (KOPMA)

Kopma STAN merupakan badan otonom yang bergerak daam bidang peroperasian mahasiswa STAN yang didirikan secara resmi sebagai badan hukum pada tanggal 4 Desember 1989 dengan nmor badan hukum No.2437/B.H/I yang ditetapkan oleh Kepala Kanwil Departemen Koperasi Propinsi DKI Jakarta. KOPMA STAN merupakan komunitas bisnis anak STAN didirikan oleh Helmy Yahya dan memiliki banyak kegiatan enterpreneur sehinhha mahasiswa dapat terjun langsung dan mempelajari dunia bisnis melalui berbagai divisi yang dimiliki kopma.

 

STAN PECINTA ALAM (STAPALA)

STAPALA merupakan badan otonom yang menjadi wadah bagi mahasiswa STAN yang suka berpetualang di alam bebas. Kegiatan yang diadakan STAPALA seperti pendakian gunung, susur gua, arung jeram dan masih banyak hal yang lebih menantang di STAPALA. Keanggotan STAPALA berlaku seumur hidup yang mencerminkan eratnya kekeluargaan anggota STAPALA.

 

STAN MUSIC COMMUNITY (SMC)

SMC merupakan badan otonom mahasiswa yang berderal dalam bidang seni musik. SMC juga merupakan media penyalur dan pengembangan minat dan bakat di bidang seni musik bagi seluruh civitas akademika STAN. SMC telah memiliki lebih dari 250 anggota tetap, dan telah mengukir cukup banyak prestasi di dalam dan di luar kampus STAN, selain sering diundang untuk mengisi acara-acara di kampus STAN sendiri.

 

STAN ENGLISH CLUB (SEC)

SEC merupakan badan otonom yang melakukan pengembangan potensi bahasa inggris mahasiswa STAN. Ada banyak kegiatan yang diadakan SEC diantaranya, Debate, Conversation Club, Toefl Clinic dan masih banyak lagi. SEC setiap tahunnya selalu mengharumkan nama STAN dalam Kompetisi Bahasa Inggris yang diikuti.

Jadi, itu dia beberapa Keluarga Mahasiswa PKN STAN. Selamat mengejar impian kamu di PKN STAN.

Sebelum mengikuti SPMB PKN STAN, lebih baik diskusi dulu yuk bareng ENS. Kamu bisa konsultasi dan belajar bareng tentor dan teman-teman yang dijamin Asyik. Selamat menemukan keluarga baru!

 

Penulis : Dewi Shinta N

Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019