ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

MASIH PUNYA KEBIASAAN BURUK? 5 CARA INI EFEKTIF UNTUK MENGHILANGKANNYA

Published at 24 Oct 2018 16:36

Kebiasaan burukmu tidak hanya dapat merugikan diri sendiri, tetapi juga orang lain di sekitarnya. Mungkin jika kamu belum terlalu sering melakukan kebiasaan buruk tersebut, maka kamu bisa mengurangi ataupun menghilangkannya.

Yang perlu diwaspadai adalah kebiasaan buruk yang sudah tertanam di alam bawah sadar kamu, hal tersebut dapat mengubah perilaku kamu dan akan sulit untuk dihilangkan.

Sebenarnya, banyak cara untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut, hanya saja membutuhkan niat dan tekad yang sangat kuat untuk melakukannya. Nah, di sini Loop akan memberikan beberapa cara untuk menghilangkan kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan, berikut ulasannya:

 

1. Mencari tahu dan Menghindari Pemicu Kebiasaan Buruk Tersebut

Dengan mencari tahu pemicu/alasan kamu melakukan kebiasaan buruk tersebut, kamu akan lebih mudah untuk menghilangkan atau menguranginya.

Setelah mengetahui pemicunya, kamu hanya tinggal menghindarinya. Misalnya, kamu sering merokok karena melihat orang-orang di sekitarmu semua sedang merokok. Maka sebaiknya, kamu mencari tempat yang lebih nyaman dan bebas dari rokok.

 

2. Mencari Kesibukan yang Positif

Kebiasaan buruk adalah sesuatu hal yang negatif, untuk dapat menangkalnya, kamu harus banyak melakukan hal positif. Jika pikiran kamu sibuk dan penuh dengan hal positif, pastinya tidak akan terpikir olehmu lagi atau tidak sempat untuk memikirkan lagi akan hal-hal negatif. Kesibukan atau kebiasaan positif ini juga pastinya akan sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kehidupanmu pada masa depan.

 

3. Mencoba Hal-Hal Baru

Mencoba hal-hal baru yang belum pernah kamu lakukan dapat membantu menghilangkan kebiasaan burukmu. Tetapi perlu diketahui, hal-hal baru ini harus bersifat positif ya! Jika hal-hal baru ini berbau negatif, ya sama saja kamu akan menciptakan kebiasaan buruk lagi yang lain.

 

4. Beri Reward Pada Diri Sendiri

Kamu bisa memberikan hadiah pada diri sendiri ketika kamu berhasil mengalami kemajuan pada kehidupanmu, salah satunya saat dapat meninggalkan kebiasaan burukmu.

Kamu bisa merayakan bersama temanmu, atas keberhasilan kamu menghilangkan kebiasaan burukmu. Hadiah ini juga bisa memacu diri kamu untuk dapat berusaha lebih keras lagi dalam menghilangkan kebiasaan buruk lain yang masih ada dalam diri kamu.

 

5. Tentukan Tujuan dan Motivasi

Dalam kehidupan manusia, sangat penting mengerti tentang tujuan hidup dan motivasi hidup untuk dapat terus berkembang demi masa depan kamu. Nah, saat ingin menghilangkan kebiasaan buruk, tidak ada salahnya menentukan tujuan positif serta motivasinya dari hal tersebut. Kedua hal tersebut dapat menjadi alasan kuat untuk mendukung keberhasilan kamu dalam usaha mengilangkan kebiasaan buruk.

 

Bagi kamu yang masih saja melakukan kebiasaan buruk, ikutilah cara di atas ya! Semoga berhasil!!!

 

Sumber:

loop.co.id

Related Article