ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

MAU BELAJAR LEBIH EFEKTIF? YUK COBA TEKNIK POMODORO

Published at 17 Oct 2018 16:17

Kamu pernah gak sih, merasa waktu berputar sangat cepat? sampai-sampai belum juga belajar, eh udah ada lagi tugas-tugas yang baru. Rasanya segala permasalahan itu ga selesai-selesai deh!

Kalau kamu pernah atau malah masih mengalami hal ini, berarti manajemen waktumu masih berantakan guys!

Solusinya cuma satu, memperbaiki manajemen waktumu dengan baik mulai dari sekarang. Kamu bisa coba nih menggunakan metode Pomodoro. Tapi, sebelumnya kita ulas dulu yuk tentang metode ini.

Podomoro merupakan salah satu teknik pengaturan waktu yang dikembangkan oleh Fransisco Cirillo di era 1980-an. Teknik ini dilatarbelakangi dari permasalahannya yaitu susah untuk fokus saat belajar. Ia pun mencoba membuat interval waktu belajar dan waktu istirahat menggunakan timer yang ada di dapurnya. Kebetulan, timernya berbentuk tomat merah yang dalam bahasa italianya adalah Pomodoro.

Kalau zaman dulu menggunakan timer dapur, sekarang kamu bisa pakai timer smartphone untuk menerapkan teknik ini. Pada dasarnya, teknik ini membagi waktu belajar dan waktu istirahat.

Oh ya, metode ini menggunakan durasi 25 menit ya. setelah itu, diberikan 5 menit jeda untuk istirahat

Berikut merupakan langkah jelasnya:

  1. Siapkan materi yang ingin kamu pelajari.
  2. Siapkan timer di smartphone mu, kemudian setel waktunya selama 25 menit.
  3. Kerjakan semua tugas maupun materi dengan FOKUS! Dilarang mengerjakan hal lain selain belajar dengan materi yang kamu sediakan tadi.
  4. Setelah timer sudah berbunyi, buatlah tanda berupa ceklis di kertas. Ini menandakan kamu telah melewati tahap pertama pomodoro.
  5. Setelah 25 menit tadi, kamu bisa beristirahat selama 1-5 menit dan melakukan kegiatan lain.

 

Setelah 5 menit istirahat, lakukan kembali teknik ini hingga 4 kali. Setelah 4 kali pengulangan, kamu bisa menambahkan waktu istirahat menjadi 15-30 menit.

Meskipun hanya 5 menit istirahat, konsep ini berguna banget buat menghindari gangguan lain ketika belajar. Tujuan istirahat yang hanya 5 menit ini agar kamu gak bablas teralihkan ke hal-hal lain.

Selamat mencoba!

 

Oleh: 

Fathia Yasmine

Related Article