Mau Sukses SPMB PKN STAN? Persiapkan 6 hal PENTING ini!

07 Nov 2018

Halo Kelas 12, sudah menentukan pilihan mau melanjutakan pendidikan dimana setelah lulus? Mau masuk PTN, PTS, Kedinasan seperti di PKN STAN?

Nah, buat kamu yang bercita-cita masuk PKN STAN perlu banget...ngeet… nih mempersiapkan diri, harus semaksimal mungkin berusaha supaya nggak ada penyesalan di kemudian hari hanya karena kurang persiapan.

6 hal inilah yang harus kamu tau, siapkan dan lakukan demi sukses SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) PKN STAN:

 

1. Catat dan update jadwal lengkap SPMB

Kamu harus tau pasti jadwalnya kapan. Jangan sampai kesibukan kamu di sekolah  malah bikin lupa jadwal SPMB dan dapatkan info terupdate di situs resmi SPMB.

 

2. Memantapkan Pilihan

Ini hal mendasar banget, kamu mesti mantap sama pilihan jurusan dan program yang mau kamu ambil D1 atau D3, pilih sesuai minat, bakat serta kemampuan kamu ya!

Jangan cuman punya satu pilihan jurusan, karena sistemnya kalau kamu nggak diterima di jurusan pertama, maka kamu akan dialihkan ke jurusan kedua, dan begitu seterusnya.

Kamu harus rajin review plus minus jurusan yang kamu pilih, lalu kamu pertimbangkan. Jangan lupa selalu mendiskusikannya dengan orang tua, tanya pendapat mereka.

 

3. Tata Cara Pendaftaran

Kamu mesti tau betul seperti apa tata cara pendaftarannya. Pendaftaran di lakukan secara online melalui portal sscndikdin.bkn.go.id lalu kamu login pada Web Registrasi PKN STAN, dan isi data pendaftaran, setelah itu kamu unggah/upload dokumen pendaftaran. Pastikan lengkap dan sesuai ya, setelah dokumen terunggah kamu kunci data pendaftaran, lalu yang terakhir kamu lakukan pembayaran dan cetak bukti peserta ujian.

 

4. USM (Ujian Saringan Masuk)

Ujian saringan masuk PKN STAN terdiri dari 3 tahap, tahap pertama yaitu tes tertulis terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dengan jumlah 120 soal dan Tes Bahasa Inggris (TBI) dengan jumlah soal 60 soal. Tahan kedua yaitu tes fisik, yang diujikan dalam tes fisik adalah lari selama 12 menit dan suttle run (lari membentuk angka 8). Tahap ketiga yaitu Tes Kemampuan Dasar (TKD)yang merupakan tes untuk menjadi CPNS, jadi setelah lulus kamu engga akan di tes lagi dan otomatis jadi CPNS.

 

5. Giat Belajar dan Bimbel

Jauhkan pikiran “nanti aja, masih lama”, Jangan sampai kamu berpikir seperti itu ya! Kamu mesti mulai belajar dari sekarang! Nggak ada waktu buat santai. Kamu pasti tau kan raturan ribu orang yang daftar ke PKN STAN? kebayang dong persaingannya gimana?

Kamu perlu banget meningkatkan kemampuan, salah satu caranya kamu ikut bimbel karena kamu bakal dilatih buat bisa mengerjakan soal-soal dengan tepat serta tips dan trik supaya bisa memahami materi sampe ke akar-akarnya.

Pilihan terbaik buat kamu bimbel, yaitu di ENS. Kenapa ENS? merupakan bimbingan belajar yang terfokus pada ujian saringan masuk STAN. Jadi udah nggak diragukan lagi kamu bakalan dikasih kiat-kiat buat bisa tembus di PKN STAN.

 

6. Rajin Cari Referensi, Tips dan Trik

Lebih giat cari informasi atau kiat-kiat menjelang SPMB, sharing sama teman yang juga ikut SPMB, atau kamu bisa tanya pengalaman senior yang udah pernah ikutan. Ini bakal membantu kamu banget buat punya bayangan akan seperti apa nanti SPMB itu.

 

Nah, itulah hal hal yang harus kamu persiapkan buat SPMB, pastikan kamu lakukan dengan maksimal ya! Supaya dapat hasil yang maksimal. Oh ya satu lagi jangan lupa selalu berdo’a ya!. Good Luck! ☺

 

Penulis: Anggun Widaningsih

Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019