Mengenal Spesialisasi Kebendaharaan Negara Di PKN STAN

16 Aug 2018

 

  • Kebendaharaan Negara (KBN)⠀

 

Seperti kata ‘bendahara’ yang berarti penanggung jawab atau pengurus keuangan. Maka kebendaharaan negara adalah suatu ilmu yang mempelajari hal-hal terkait kepengurusan keuangan negara. Dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan atas penggunaan uang negara.

 

  • Spesialisasi Kebendaharaan Negara di PKN STAN⠀

 

Spesialisasi yang ekslusif ini diharapkan bisa menghasilkan individu yang kompeten dalam mengurus hal-hal administratif dan teknis mengenai keuangan negara. Karena PKN STAN sendiri berada dinaungan BPPK Kementerian Keuangan, maka tidak heran spes ini dimunculkan, sebagai kebutuhan Kemenkeu yang merupakan tonggak keuangan negara ini.

Jumlah mahasiswa spes KBN ini cenderung sedikit dibanding spesialisasi lain. Hal ini disebabkan lahan pekerjaan lulusannya yang spesifik dan tidak sebanyak spes lain (seperti pajak – DJP dan bea cukai – DJBC).

Materi keuangan adalah makanan pokok bagi mahasiswa/i spes ini. Karena spes ini ekslusif alias cuma ada di STAN, kamu juga akan menemukan berbagai mata pelajaran yang ekslusif dan tidak ada di kampus dan spesialiasi lain. Misalnya Perencanaan Kinerja Anggaran di Smt 2, mata kuliah yang erat hubungannya dengan APBN, ada juga Pengelolaan Utang, Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah, Pelaksanaan Pendapatan Negara, dsb.

Selain bersifat textbook, mahasiswa/i spes ini akan langsung berhadapan dengan penggunaan-penggunaan aplikasi teknis yang digunakan untuk mengurus keuangan negara.

 

  • Prospek pekerjaan⠀

 

Seperti yang kita ketahui bahwa sebagian besar mahasiswa PKN STAN akan ditempatkan di Kementerian Keuangan. Untuk spes KBN, sebagian besar mahasiswanya akan ditempatkan di Direktorat Jenderal Perbendaharaan (termasuk di Kantor Wilayah dan KPPN), juga di instansi Direktorat Jenderal Anggaran (DJA), Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK), dan Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang (DJPU).

 

  • Walau sedikit, tapi menggigit⠀

 

Spesialisasi ini memiliki nama beken yaitu Treatsury. Jumlahnya yang hampir selalu sedikit bila dibanding spes lain, membuat spes ini memiliki kekeluargaan yang tinggi dan juga erat.

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019