ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Metode cornell, teknik menulis catatan buat kamu yang sering lupa!

Published at 17 Oct 2018 16:11

Setiap pelajar pasti membutuhkan catatan untuk merangkum materi yang dijelaskan di kelas ataupun dari buku paket yang telah disediakan.

Selain untuk merangkum materi, dengan mencatat materi akan memudahkan kamu mengingat topik topik penting yang akan dihafal dikemudian hari. Namun, tidak jarang kegiatan mencatat ini hanya sekedarnya saja

"ah yang penting udah ditulis"

"yang penting nyatet aja dulu, masalah paham sih nomer 2"

Kebiasaan diatas justru malah menjadi boomerang untuk kamu sendiri. Tidak jarang catatan yang berantakan dan apa adanya malah bikin kamu pusing pas mau ujian

Bukannya tambah ngerti, eh malah tambah puyeng. Wadaw!

Makanya, kamu perlu banget nih menggunakan teknik mencatat yang efektif dan efisien. Jadi, gak ada deh yang namanya pusing karena catatan sendiri.

Salah satu teknik yang bisa kamu pakai adalah dengan menggunakan metode cornell. Seperti apa sih metode ini?

 

1. Persiapkan kertas yang akan digunakan

Ketika akan menulis, tentunya harus mempersiapkan kertasnya terlebih dahulu. Gunakan kertas yang berukuran tidak terlalu besar namun tidak juga terlalu kecil. Disarankan menggunakan kertas yang sudah memiliki garis agar lebih mudah dalam memetakan penulisannya.

 

2. Buat tiga garis

Didalam satu kertas buatlah tiga garis yang membelah satu sama lain. Pertama, buatlah garis horizontal di bagian bawah kertas. Kemudian, buatlah garis vertikal di sebelah kiri, sekitar 3-5 cm

Jika masih bingung, kamu bisa lihat ilustrasi di bawah ini

 

3. Isi Kolom dengan poin yang sesuai

Mulailah membuat catatan dengan mengisi kolom perkolom, dengan aturan:

a. Kolom sisi kanan

tulislah poin-poin inti  yang ada didalam pelajaran. Eits, jangan ditulis semuanya ya! cukup intinya saja. Buatlah dengan menggunakan bahasa sendiri agar mudah dipahami. Berikan spasi untuk setiap topik yang dibahas.

b. Kolom bagian bawah

Buatlah kesimpulan untuk setiap materi yang kamu pelajari di tulisan tersebut.

c. Kolom di sisi kiri

Untuk sisi kiri, buatlah pertanyaan dan kata kunci untuk materi yang telah ditulis. Dengan adanya kolom ini, kamu bisa melihat topik secara garis besar.

 

4. Alternatif

MAger buat sendiri? PAsti deh. Kamu bisa cari templatenya melalui google, kemudian langsung print saja deh supaya bisa langsung digunakan. Ini dia salah satu contoh template yang sudah diisi dengan materi pelajaran.

Yuk coba terapkan metode ini dalam setiap kegiatan belajarmu, semoga bisa mempermudah kamu

 

Oleh: 

Fathia Yasmine

Related Article