ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

'Night Owls', Ini yang Perlu Dilakukan Agar Belajarmu Lebih Efektif dan Efisien

Published at 19 Sep 2018 14:55

Siapa nih disini yang sering dengar istilah night owl dan selalu mengaku jadi salah satunya? Sebenarnya apa sih 'night owl' itu? Kalo diartikan secara harafiah, owl itu ya burung hantu, yang mana burung hantu aktifnya di malam hari, atau bisa juga kita sebut hewan nokturnal. Tapi bukan burung hantu yang mau dibahas di sini.

Menurut mbah Google, Night Owl itu artinya orang yang suka begadang, yang kerjaannya tidur kalo udah menjelang pagi dan bangun siang hari, sampai makan siang aja lewat. Tapi jangan kebablasan sampai makan malam ya, kasihan tuh perut nangis-nangis minta diisi. Kalo kamu termasuk salah satu night owl, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan supaya kamu bisa menyerap apa yang kamu pelajari dengan baik seperti teman-temanmu yang early bird.

 

1. Istirahat yang cukup

Ini tidak hanya berlaku bagi kamu yang night owl ya, tapi berlaku juga buat yang early bird, yang artinya setiap orang membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Waktu tidur yang dibutuhkan biasanya bervariasi sesuai kategori umur. Bagi kamu pelajar berumur 14-17 tahun, waktu tidur yang dibutuhkan berkisar antara 8-10 jam, atau kategori umur 18-25 tahun membutuhkan sekitar 7-9 jam per hari. Gimana sih rasanya kalau waktu tidur kita sangat sedikit? Mood menjadi jelek, tidak fokus di sekolah, lebih sensitif dan hal negatif lainnya.

 

2. Biasakan tidur siang

Otak kita para night owl terbiasa bekerja di malam hari, itulah alasan kenapa kita lebih produktif di kala matahari sudah terbenam. Tetapi gimana seandainya di jam-jam itu rasa kantuk menyerang? Walaupun kamu night owl, tidak menutup kemungkinan jika kamu bisa merasa ngantuk di malam hari. Nah, kamu bisa menyiasatinya dengan tidur di siang hari, yang rata-rata berlangsung selama 30 menit hingga 1 jam. Eitss, jangan kebablasan lho, bisa gawat kalo kamu bangun tiba-tiba udah tahun 2020.

 

3. Membuat catatan atau rangkuman

Apa sih bagian dari belajar yang tidak terlalu menguras otak sampai kepala sakit (#inilebay)? Yep, membuat rangkuman adalah jawabannya. Kalau kamu merasa materi yang harus kamu pelajari terlalu banyak, kamu bisa membuat catatan yang sekiranya penting di siang hari *ingat dong, kamu itu night owl hehe. Lho katanya tadi disuruh tidur siang, kok sekarang disuruh buat rangkuman? Kamu pikir siang hari itu cuma satu jam? Mas mbak, jam 12 aja udah bisa disebut siang.

 

4. Bersantailah di siang hari

Bersantai di sini bukan berarti melalaikan tugas dan tanggung jawab sampai lupa waktu ya. Maksudnya, kamu bisa melihat-lihat dan me-review materi pelajaran dengan tidak secara mendetail, atau istilahnya kamu memahami overview nya. Nggak mau dong kalo sampai belajarnya gak selesai dan ada materi yang kamu lewatkan karena siangnya kamu bermalas-malasan.

 

5. Fokuslah di malam hari

Siapkan mental batin anda! *kaya mau perang aja*. Tips terakhir ini harus benar-benar diterapkan kalo ngarep dapat skor bagus lho ya. Singkirkan dulu gadget-gadget kamu dan apapun itu yang bisa mengganggu belajarmu, karena semakin kamu terdistraksi, semakin banyak pula waktu terbuang. Ini hanya beberapa tips yang bisa dicoba. Apapun metode belajar yang kamu terapkan, kamulah orang yang paling mengerti diri kamu sendiri. 

 

Sumber: 

https://www.hipwee.com/list/night-owls-ini-yang-perlu-dilakukan-agar-belajarmu-lebih-efektif-dan-efisien/

Related Article