Persepsi- Persepsi yang harus dihilangkan saat ingin masuk PKN-STAN

06 Sep 2018

Takut gagal dan tidak lulus SPMB STAN, Hilangkan dulu persepsi-persepsi berikut ini :

1.Ga Mungkin


Kamu merasa bahwa diri kamu sangat tidak mungkin bisa jadi mahasiswa pkn stan. pkn stan bukan hak kamu. Ga akan mungkin kamu gapai. Itu terlalu jauh buatmu. Oke. Pertama jangan batasi diri kamu dengan ketidakmungkinan yang kamu percayai tanpa kamu tes. Kedua ayo belajar dan tes bahwa kamu sangat mungkin bisa lulus tes. Ganti kalimat imposible jadi kalimat i’m possible.

2. Hanya Mimpi


Kamu hanya bermimpi menjadi mahasiswa pkn stan tanpa berusaha mewujudkannya. Kamu hanya membayangkan diri kamu lulus pkn stan lalu memakai pakaian seragam lalu kerja di kementerian keuangan dengan gaji yang wah. Bahkan kamu membayangkan diri kamu di tahun pertama kerja kamu langsung membeli satu unit mobil tahun berikutnya rumah tahun berikutnya menjalankan beberapa usaha sampingan. Boleh bermimpi setinggi itu namun kamu harus berjuang sungguh-sungguh untuk mendapatkannya jangan hanya sekedar mimpi di siang bolong.

3. Nanti Saja


Niat belajar sudah ada, niat untuk serius lulus pkn stan sudah ada tapi kamu selalu mencari cari waktu yang tepat untuk belajar usm pkn stan. kamu masih saja berleha leha. Padahal sekarang kamu sudah kelas 12 yang beberapa bulan lagi bakal lulus dari sma. Tahukah kamu bahwa sebagian besar yang berniat untuk masuk ke pkn stan telah belajar sejak mereka kelas 10 sma. Nah ini kamu tinggal beberapa bulan lagi masih saja bersantai-santai. Ingat sukses itu akan jadi milikmu jika kamu belajar sekarang juga. Jangan terlena dengan waktu senggang. Gunakan harimu semaksimal mungkin untuk belajar. Bahkan jika kamu libur sekolah sabtu minggu manfaatkan untuk belajar maksimal.

4. Setengah - setengah

Setelah beberapa hari belajar, niatmu untuk tembus usm pkn stan kembali kendur. Ingat perjalanan belajarmu tinggal sedikit lagi. Maksimalkan. Jika kamu belajar setengah setengah sama saja seperti kamu sudah berjalan kesuatu tempat tapi tinggal setengah perjalanan lagi malah tidak kamu perjuangkan. Ayoo demi kebahagiaan orangtuamu, kamu harus berjuang untuk meraih cita-citamu.

5. Untuk Orang Pintar


Pencitraan yang beredar adalah anak anak stan anak yang pintar pintar dari berbagai daerah. Tidak juga. Anak stan tidak hanya dari anak anak pintar tetapi banyak juga anak anak yang biasa saja tetapi mereka telah berjuang untuk melawan rasa malas mereka melawan ketidaktahuan mereka tentang soal soal usm pkn stan untuk lulus jadi anak stan. ayoo ikuti jejak mereka. Mereka telah membuktikannya.

6. Ga Punya Uang


Wah saya ga punya uang untuk bayar masuk stan. siapa bilang masuk stan pakai ratusan juta untuk bisa lulus. Mau jadi apa bangsa ini. Kamu harus tau bahwa tes usm pkn stan tidak harus punya uang ratusan juta untuk menjamin kamu diterima di stan. usm pkn stan benar benar murni menjaring mahawiswa dan mahasiswinya dari anak anak yang bisa jawab tes usm pkn stan. yang penting kamu harus belajar maksimal mati matian (jangan sampe tidak makan tidak minum ya. Hehehe). Buktikan bahwa kamu bis amasuk stan dengan hanya membayar uang pendaftaran tes stan sekitar 250.000 rupiah. Setelah lulus di pkn stan kamu tidak membayar biaya kuliah sama sekali alias 0 rupiah. Tetapi kamu harus meanggung biaya hidup seperti kos makan pulsa paket data dll.

7. Ga Punya Koneksi


Kamu berprasangka bahwa masuk stan harus anak anaknya orang kementerian keuangan. Jauhkan prasangkamu itu. Meskipun ada anak kementerian keuangan yang masuk stan mereka telah membuktikan dirinya benar benar untuk lulus tes pkn stan. ingat tes pkn stan sangat murni. Pada hari h kamu akan diawasi oleh pengawas ujian independen serta dibantu oleh pengawasan polisi, bahkan untuk tahun 2015 ada beberapa peserta tes yang ditangkap gara-gara membawa alat komunikasi atau elektronik.

8. Bukan Anak IPS


Maaf kak aku anak IPA, kan masuk stan biasanya anak ips. Oke buang jauh jauh pemikiranmu itu. Sekitar 80% anak stan adalah lulusan dari ipa. Kenapa? Karena anak anak ipa lebih menguasai soal tes masuk pkn stan yang terdiri dari tpa dan tbi. Kamu jangan khawatir tidak bisa belajar akuntansi karena di pkn stan kamu diajarin akuntansi dari dasar. Nah buat anak ips harusnya kamu bisa lebih kuat untuk belajar tes masuk stan karena pada saat kamu kuliah di stan kamu akan sangat cepat beradaptasi dengan pelajaran akuntansi dan lainnya.

9. Ga Ikatan Dinas


Ini isu yang santer terdengar sejak tes stan sepuluh tahunan yang lalu. Pada kenyataannya stan masih ikatan dinas. Lihat saja peraturan ikatan dinas stan. bahkan yang baru wisuda tahun 2015 ini semuanya diangkat jadi pegawai negeri sipil. Sejak tahun 2011 untuk menjadi pns, pihak pkn stan menambahkan TKD (Tes Kemampuan Dasar) setelah mahawiswa wisuda dari stan. jika kamu tidak lulus kamu bisa ikut tahap berikutnya sampai lulus. Dari segi kementerian keuangan, mereka sangat membutuhkanmu, mereka butuh sekitar 4000an pegawai baru setiap tahun untuk menggantikan pegawai yang akan pensiun. Kenapa sebanyak itu karena pegawai kementerian yang aktif sekitar 60.000 pegawai, jadi 4000 pegawai yang pensiun setiap tahun adalah hal yang wajar. Ayoo semangat. Fight.

10. Malas Olahraga


Bagi kamu yang bermalas malasan olahraga apalagi pas jam olahraga di sma mu, mulai sekarang kamu harus berubah. Jangan biarkan diri kamu semakin gendut. Ups. Kamu harus tau bahwa sekitar 20% peserta tes yang lulus tahap tes tulis gagal di tahap tes kesehatan dan kebugaran. Hayoo masih mau membiarkan lemak ditubuhmu menumpuk.

11. Cuma D1 atau D3


Diluar sana kalo ga kuliah S1 ga keren. Faktanya ada 1jutaan alumni S1 menganggur. Maukah kamu masuk kebagian pengangguran ini. jika tidak, tidak perlu gengsi untuk kuliah D1 atau D3 di pkn stan yang penting karirmu terjamin apalagi pekerjaanmu sudah dijamin juga. Kamu bisa melanjutkan kuliah setelah kerja 2 tahun di kemeterian keuangan. Lebih baik kuliah D1 atau D3 langsung jadi PNS dengan gaji diatas 6jutaan trus karir terjamin daripada ikutan kelompok pengangguran S1.

12. Takut diDO


Takut sudah kuliah semester atas di stan malah di do. Jangan khawatir anak stan di do bukan tanpa sebab. Yang pertama tidak hadir ke kampus lebih dari 3x berturut turut, mencontek saat ujian, nilai kamu d atau e di salah satu pelajaran tertentu. Jangan khawatir, kalo kamu rajin belajar dan mengikuti aturan yang berlaku di stan kamu pasti bisa melewati ranjau do yang ada di stan. kalo kamu bersungguh sungguh banyak ilmu akuntansi perpajakan becukai manajemen asset penilaian kebendaharaan yang dapat kamu pelajari dengan maksimal untuk membantu keuangan bangsa indonesia kelak.

Oleh:

Wahyu Iskandaria

D4 PKN STAN 2014

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019