ENS Indonesia

Please wait...

Blog

UNCATEGORY

SENANG BELAJAR SAMBIL MENDENGARKAN LAGU? INI TIPS UNTUK MEMILIH LAGU YANG TEPAT

Published at 05 Oct 2018 15:43

Kegiatan belajar mengajar biasanya identik dengan suasana yang sepi tanpa gangguan. Hal ini dikarenakan orang akan lebih mudah fokus untuk menyerap materi ketika suasana tenang. Namun suasana tenang ini dapat mengakibatkan rasa bosan dan malah mendatangkan rasa kantuk. Oleh karena itu, diperlukan suatu alternatif untuk mensiasati kedua hal tersebut, dengan cara menemukan musik yang tepat untuk menemani belajar.

Bagi beberapa orang, mendengarkan musik bisa membantu dalam meningkatkan konsentrasi. Namun, kesalahan terbesar didalam pemilihan lagu dapat membuat konsentrasi menjadi buyar. Rencana mau fokus belajar malah jadi gak konsen deh!

Ini dia tips untuk memilih musik yang tepat untuk meningkatkan konsentrasi belajarmu. 

 

Tips 1

Pilihlah musik dengan irama yang pelan dan harmonis. Jangan mendengarkan musik berirama kencang seperti music rock. Meskipun kamu menyukai genre tersebut, namun jika sedang mengerjakan soal berhitung sambil mendengarkan lagu kencang dijamin deh bakal tambah pusing.

 

Tips 2

Dengarkan suara-suara yang berunsur alam, seperti suara desiran ombak, suara hujan dan lainnya. Meskipun ini bukan termasuk kedalam golongan musik, namun suara alam bisa membantu dalam meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

 

Tips 3

Sebelum belajar, buatlah dulu playlist lagu yang akan didengarkan, jangan sampai kamu malah sibuk sendiri meng-skip lagu yang akan didengarkan. Alih-alih ingin belajar, malah ribet sendiri jadinya.

 

Tips 4

Jangan mendengarkan musik melalui radio. Kenapa? Karena iklan atau suara presenter akan mengganggu konsentrasi belajarmu. Kamu akan jadi teralihkan dengan konten yang ada di siaran radio tersebut.

 

Tips 5

Dengarkan lagu dengan volume rendah. Jangan mendengarkan musik s volume 50%. Semakin keras volume akan mengalihkan pikiranmu, ingatlah kalau tujuan belajar sambil mendengarkan musik ini untuk meningkatkan fokusmu.

 

Tips 6

Buat durasi untuk total lagu yang ingin didengarkan. Misalkan buat total durasi putar lagu selama 50 menit, sehingga setelah lagu habis, berarti sudah waktunya untuk beristirahat.

 

Itulah dia 6 trik untuk memilih musik yang tetap untuk menemani belajarmu, semoga semakin semangat ya belajarnya!

 

Related Article