ENS Indonesia

Please wait...

Blog

UNCATEGORY

Terlihat sepele, ini dia hal penting agar bisa lulus PKN STAN

Published at 04 Oct 2018 15:32

Sudah menjadi rahasia umum, jika persaingan untuk menembus PKN STAN tiap tahunnya tidaklah mudah. Dengan presentase kelulusan berkisar 4-5% saja, dengan ratusan ribu pendaftar. Namun, jangan sampai fakta ini membuat semangatmu goyah. Mulailah dengan tips-tips sederhana dibawah ini. Meskipun terlihat sepele, hal-hal penting ini justru menjadi salah satu pendukung kesuksesanmu kelak.

 

1. Niat

Mantapkan dulu didalam diri agar dirumu semakin siap dalam belajar. Jangan berpikiran bahwa SPMB tahun depan merupakan ajang coba-coba. Karena sainganmu sangat banyak loh! Jika niatmu sudah mantap, maka segala perjuangan yang akan dilalui akan terasa lebih menyenangkan.

 

2. Belajar dari soal-soal terdahulu

Meskipun pada SPMB 2018 kemarin sistem ujian sudah berbasis komputer, namun kamu masih bisa menggunakan prediksi-prediksi soal lama sebagai bahan ajar. Untuk materi SKD, kamu bisa menggunakan buku latihan CPNS atau melalui internet.

 

3. Menentukan waktu belajar yang tepat

Pada artikel sebelumnya, ENS sudah membahas tentang perbedaan belajar dimalam hari dan dipagi hari. Penentuan waktu belajar ini bertujuan untuk mengelola waktu seefektif dan seefisien mungkin. Tentukan kapan kamu merasa fresh untuk belajar, sehingga materi yang akan dipelajari akan terserap lebih cepat.

 

4. Konsisten

Maksud dari konsisten ini adalah, belajar dengan rutin. Jangan sampai belajar hanya ketika teringat atau ketika sedang ingin saja. Buatlah jadwal belajar harian, semakin sering ,mengerjakan soal-soal latihan maka semakin besar juga peluang kamu untuk lolos SPMB mendatang.

 

5. Ikut Bimbel

Belajar sendiri terkadang tidak cukup, atau mungkin kamu merasa masih kurang memahami materi ujian yang sedang dipelajari? Dengan mengikuti bimbel, kamu bisa mendapatkan materi yang lebih lengkap, dibantu dengan tutor yang berkualitas. Plus durasi belajar yang bermacam-macam yang bisa dipilih. Apalagi kalau kamu ikutan Bimbel di ENS. Kamu bakal dapetin tentor yang juga merupakan mahasiswa/i PKN STAN loh! Jadi bisa sekalian sharing-sharing deh.

 

6. Mengikuti Try Out Rutin

Dengan mengikuti try out secara rutin, kamu bisa mengukur sejauh mana kemampuanmu didalam memahami materi ujian. Ikut try out juga bisa menjadikan acuan nilai. apakah dalam beberapa kali mengikuti try out, nilaimu akan meningkat atau malah menurun.

 

Related Article