ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Ternyata Ada 3 Keuntungan kalau Kamu Aktif di Ekstrakurikuler

Published at 15 Oct 2018 16:25

Kamu termasuk siswa yang aktif di kegiatan ektrakurikuler di sekolah? Ternyata banyak loh keuntungan atau hal positif yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan ekskul.

Banyak para ahli sependapat bahwa ikut aktif dalam kegiatan ekskul sangat penting untuk mendukung kemajuan akademis siswa dan tentunya menambah pengalaman.

Setiap ekskul pasti punya manfaat yang berbeda-beda. Tapi semua tetap sama tujuannya yaitu sangat bermanfaat untuk soft skills kamu, membantu untuk mengenali diri sendiri.

Nggak sedikit juga sih siswa yang kegiatannya cuman sekolah-pulang sekolah-pulang. Padahal dengan begitu kesempatan kamu untuk mengeksplor diri kamu jadi berkurang atau bahkan nggak ada.

Bergabung di ekskul menjadikan kamu pribadi yang aktif dan produktif. Ekskul juga bisa membantu kamu menyalurkan kreativitas sesuai dengan minat dan bakat yang kamu punya.

Jadi, ketika kamu disibukkan dengan kegiatan yang positif kamu akan jauh dari hal-hal negatif yang banyak banget “meracuni” anak-anak muda zaman sekarang.

 

Menghilangkan Stres

Selain itu, ekskul juga bisa kamu terhindar dari stres. Kegiatan di sekolah pasti udah bikin kamu pusing dan merasa punya beban.

Mulai berangkat sekolah pagi buta, pulang sore, belum lagi ngerjain tugas kelompok, pergi ke tempat les, sampe rumah masih harus ngerjain PR yang menggunung. Stres nggak sih?

Nah, dengan kegiatan ekskul kamu bisa melakukan hal-hal menyenangkan di luar kegiatan belajar-mengajar.

Kamu bisa melepaskan kejenuhan dengan melakukan berbagai hal yang menyenangkan dan itu bisa jadi terapi anti-depresi.

 

Belajar Komitmen dan Disiplin

Dari semua hal menyenangkan itu, tentunya nggak cuman sekedar senang-senang. Di ekskul kamu juga belajar untuk bisa berkomitmen dan disiplin. Berkomitmen harus datang latihan setiap minggunya, dan kamu nggak bisa datang seenaknya aja.

Dengan begitu sama saja kamu belajar untuk mengatur waktu dan memprioritaskan jadwal dengan baik.

Time Management Skill ini yang akan berguna dan ke pake banget di masa depan kamu. Percaya deh!

 

Menciptakan Prestasi

Ekskul juga bisa bikin kamu mengukir prestasi, biasanya setiap ekskul selalu ikut berbagai kompetisi dari mulai regional, nasional dan bahkan internasional.

Nah, tinggal rajin-rajin deh kamu ikutan, kalau menang, sekolah pasti bangga banget dan pamor ekskul kamu juga pasti langsung naik.

Bahkan nggak sedikit loh universitas yang menjadikan sertifikat kejuaraan dari ekskul sebagai bahan pertimbangan untuk seleksi masuk.

Jadi nggak perlu repot-repot kan mikirin ujian buat masuk universitas karna kamu udah punya “golden ticket” buat masuk universitas.

 

Wahh! Banyak banget yaaa keuntungan yang bisa kamu dapat di kegiatan ektrakurikuler.

Jangan pernah ragu buat bergabung di ekskul. Jangan cuman mikirin capeknya aja tapi pikirin keuntungan apa yang bakalan kamu dapet.  

Kamu masih muda, jangan mau kalah sama capek. Justru saat masih muda inilah yang mesti kamu manfaatkan.

Kamu bisa menggunakan waktu yang kamu punya semaksimal mungkin. Untuk menjadikan diri kamu menjadi pribadi yang positif, berkarakter, banyak pengalaman.

 

Penulis: Anggun Widaninggsih

Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article