ENS Indonesia

Please wait...

Blog

UNCATEGORY

Tips Belajar Grammar Untuk Kamu Yang Ingin Masuk STAN

Published at 12 Oct 2018 15:07

Dikutip dari wikipedia, Tata bahasa Inggris adalah sebuah aturan yang menggambarkan struktur ungkapan dalam bahasa Inggris, termasuk di dalamnya struktur kata, frasa, klausa dan kalimat. Ada beberapa variasi terkait sejarah, sosial, budaya dan daerah bahasa Inggris.

Lalu, apakah grammar merupakan suatu kewajiban didalam percakapan tidak formal? Meskipun lebih cenderung digunakan untuk kalimat-kalimat formal, namun tata bahasa ini juga digunakan di bahasa non formal. Tujuannya agar kata-kata menjadi tidak berantakan. 

 

Grammar ini memiliki 8 bagian atau biasa disebut part of speech, diantaranya ialah :

  • Pronoun (Kata ganti)
  • Noun (Kata benda)
  • Verb (Kata kerja)
  • Adjective(Kata sifat)
  • Adverb (Kata keterangan)
  • Determiner
  • Preposition (Kata depan)
  • Conjunction (Kata hubung)

 

Jika kamu masih merasa kesulitan didalam mempelajar grammar bahasa inggris, berikut ini adalah beberapa trik untuk mempermudah pemahamanmu:

 

1. Mendengarkan dan berbicara

Cara termudah dalam belajar grammar adalah dengan menggunakan kombinasi 2 tahap diatas. Kamu bisa mendengarkan suatu dialog dan kemudian mencoba untuk diaplikasikan kembali dalam percakapan sehari-hari.

 

2. Jangan takut mencoba

Tidak perlu khawatir jika disaat proses belajar kamu ternyata salah. Dengan membuat kesalahan, kamu dapat mengoreksi dan mengetahui apa saja yang dapat diperbaiki agar dilakukan pembelajaran kembali. Alternatif lainnya bisa dengan belajar bersama dengan teman yang lebih pintar. Sehingga, kamu tidak merasa malu jika membuat kesalahan.

 

3. Memanfaatkan kecanggihan teknologi

Kamu bisa belajar melalui video altenatif pembelajaran yang tersedia secara online. Kamu juga bisa mengunduh aplikasi belajar bahasa inggris yang tersedia di platform smartphone yang kamu miliki.

 

4. Perbanyak bacaan

Untuk memperbanyak wawasan seputar grammar, kamu bisa membaca maupun membeli buku berbahasa inggris sebanyak-banyaknya. Dengan membaca buku, kamu dapat mempelajari tata bahasa yang dibakukan didalam buku tersebut. 

 

5. Pahami tenses bahasa inggris

Dalam mempelajari grammar, sudah tentu kamu juga harus menguasai atau minimal mengerti konsep awal tenses. Sehingga dengan menguasai tenses terlebih dahulu, belajar grammar yang baik dan benar akan terasa lebih mudah.

 

6. Selalu bawa kamus

 Didalam bahasa inggris seringkali terdapat kata yang kurang familier ataupun jarang digunakan. Oleh karena itu, bawalah kamus untuk membantumu dalam memperbanyak kosa kata.

 

Oleh: 

*dikutip dari berbagai sumber

Related Article