Untuk kamu pedjuang stan, ini dia 5 tips ampuh anti nervous menghadapi SPMB 2019

13 Sep 2018

SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) digunakan untuk menguji kemampuan calon mahasiswa dalam bidang akademik, serta sebagai tolak ukur keberhasilan diri sendiri. kali ini ENS akan membagikan beberapa tips ampuh anti nervous menghadapi SPMB 2019.

 

a. Zaman semakin canggih

Manfaatkan koneksi internet di Smarphonemu buat browsing soal-soal latihan. Siapa disini yang masih pakai smartphone cuma buat chatting atau buka sosmed? Daripada cuma buat 2 hal tersebut, yuk mulai cari-cari soal-soal latihan yang ada di internet! Banyak banget materi-materi berupa soft copy maupun pembelajaran video gratis melalui website streaming video. Oh iya, ENS juga punya channel youtube loh buat bantu belajar kalian, klik ini 


b. Mulai belajar menggunakan komputer agar terbiasa


Mulai tahun 2018, SPMB STAN mulai menggunakan sistem ujian komputer atau CAT yang sama dengan tes CPNS. Ini berarti kamu gak boleh gaptek dan mulai belajar sedikit-sedikit untuk menguasai sistem komputer. Jangan sampai ketika tes nanti malah bingung sendiri.


c. Ikut try out rutin buat mengasah dan mengukur kemampuan diri


evaluasi diri merupakan salah satu kewajiban rutin untuk kamu yang akan menghadapi ujian. Pasti udah tau kan kalau peluang lolos SPMB hanya berkisar 4-6% saja? Nah dengan ikut try out rutin dari ENS yang diadakan tiap bulan, kamu bisa tau mengukur sejauh mana kemampuan dan peningkatan belajarmu. Oh iya, kalau ikut bimbel ENS juga ada try out menggunakan sistem CAT loh, soal-soal dan interfacenya juga mirip banget dengan tes CAT aslinya. Mantap deh!


d. Belajar dari kisi-kisi atau mengikuti bimbel


Setiap soal ujian dimanapun pasti memiliki kesamaan setiap tahunnya. Dengan mempelajari kisi-kisi, kamu bisa tahu tipe-tipe soal apa yang sering muncul didalam ujian. Mulai dari silogisme hingga hitung-hitungan pada soal TPA, untuk SKD sendiri juga sudah disediakan kisi-kisi resmi dari pemerintah. Buat kamu yang sering kesulitan belajar, bisa juga ikutan Bimbel di ENS untuk mempertajam penguasaan materi


e. Belajar agar tidak mudah panik


Setiap akan menghadapi ujian, pasti kita sering banget ngerasa tegang maupun deg-degan. Kedua kendala ini bisa menyebabkan kamu gak fokus ketika ujian, bahkan sala-salah malah jadi lupa materi yang dipelajari. Hal ini bisa diatasi dengan sering-sering menarik nafas dan berpikiran positif. Jangan lupa untuk berdoa dan yakinlah kepada diri sendiri.

 

Hal terpenting adalah yakin terhadap diri sendiri dan kemampuan yang kamu miliki. Nah, sebagai anak muda yang inspiratif kita harus berani untuk bertindak jujur dalam segala hal sehingga hasilnya akan membanggakan kamu dan orang lain.

 

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019