ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Wajib Coba! 4 Tips Mengerjakan Soal Ujian Tertulis Masuk PKN STAN

Published at 14 Nov 2018 16:35

Semua tahapan seleksi ujian masuk PKN STAN mesti menjadi perhatian kamu. Kamu nggak bisa fokus sama salah satunya, kamu mesti bisa menerapkan pola belajar yang seimbang.

Misalnya, di ujian TPA kamu benar semua tapi di ujian TBI hanya benar 18 (nggak mencapai batas ambang), maka kamu dipastikan nggak akan lolos. Jadi, kamu nggak bisa fokus belajar salah satunya, kamu harus bisa menerapkan pola belajar yang seimbang.

Baca juga: Wajib Tau! 4 Tujuan Diberlakukannya Sistem Drop Out (DO) di PKN STAN!

Untuk memudahkan kamu belajar, kamu bisa belajar dari soal-soal ujian tertulis dari tahun sebelumnya, biasanya soal  dari tahun ke tahun itu nggak jauh berbeda, jadi kamu bisa fokus belajar dari materi atau soal-soal tahun sebelumnya.

Dan jangan males buat latihan soal, agar kamu terbiasa dengan tipe dan tingkat kesulitan soalnya. Kecepatan saat mengerjakan soal dalam ujian juga sangat penting. Karena waktu ujian sangat terbatas, rata-rata waktu pengerjaan tiap soal sekitar 50 detik.

Selain itu kamu bisa mencoba tips berikut saat kamu mengerjakan soal, ketika ujian nanti.

 

1. Kerjakan Soal yang Mudah Dulu

Jangan menghabiskan banyak waktu pada soal yang sulit. Ingat, bobot nilai soal yang mudah sulit sama saja. Benar +4 dan salah -1, jadi manfaatkan waktu untuk bisa mendaptkan poin sebanyak-banyaknya.

 

2. Konsentrasi

Masih berkaitan dengan waktu, usahakan sekali membaca soal kamu langsung tau maksud pertanyaannya sehingga waktu kamu nggak akan habis untuk memahami soal.

 

3. Perhatikan Jumlah Soal yang Kamu Kerjakan

Ini cukup penting, kamu harus benar-benar memperhatikan jumlah soal yang kamu kerjakan pada tiap tipe soal. Ingat! Kamu harus memastikan kamu benar 1/3 dari jumlah soal, kalau kamu mau lolos.

 

4. Kerjakan Soal dengan Porsi yang Seimbang

Banyak peserta ujian yang berguguran karena nilainya kurang di TBI, itu karena memang tingkat kesulitan soal TBI PKN STAN di atas materi Bahasa Inggris SMA. Kalau kamu nggak yakin dengan kemampuan Bahasa Inggris kamu. Disarankan kamu mengerjakan soal TBI sebanyak-banyaknya supaya dapet nilai ambang batas. Atau untuk menutupi kekurangan Bahasa Inggris, kamu cari nilai sebanyak-banyaknya di TPA.

 

Itulah saran yang bisa kamu coba saat sedang ujian tertulis. Selain tips di atas kamu juga harus memiliki strategi tersendiri demi kesuksesan menjalani tes. Dan jangan lupa juga untuk jaga kesehatan karena kalau kamu lolos di tahap I karena akan ada tahap selanjutnya yang harus kamu jalainin yaitu, tes kesehatan dan kebugaran yang nggak boleh luput dari perhatian kamu.

Sayang sekali kalau udah lolos tes tertulis tapi gugur di tes kesehatan dan kebugaran, jadi segalanya harus dipersiapkan dengan matang tanpa terkecuali.

 

Penulis : Anggun Widaningsih
Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article