ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

5 Fakta Menarik dari Bimbel!

Published at 29 Oct 2018 16:15

Malas belajar seringkali datang menghampirmu. Merasa udah capek belajar di sekolah, jadi di rumah untuk istirahat aja. Itu bukan ciri siswa berprestasi lho. Karena kalau nggak dipelajari lagi materinya. Kamu bakal lupa dan makin males buat belajar “Yaudah besok aja sekalian sekolah” sampai sekolah, bingung mau diskusi dimana, karena berisik dan keterbatasan waktu saat guru menjawab pertanyaan kamu.

Saat mengalami hal-hal tersebut, rasanya kamu perlu pertimbangkan untuk mengikuti bimbingan belajar (bimbel). Lewat bimbel atau kursus, kamu memiliki kesempatan meningkatkan pengetahuan dan prestasi belajar di sekolah.

Nggak hanya memfasilitasi kebutuhan belajar siswa, bimbel juga memberikan pengalaman baru dan menawarkan beberapa hal yang nggak semua sekolah bisa berikan.

Berikut 5 Fakta Menarik dari bimbel yang dapat memotivasi belajar kamu:

 

1. Fasilitas Belajar

Nggak semua sekolah menyediakan fasilitas AC di dalam kelas. Namun, sebagian besar tempat bimbingan belajar menyediakan AC untuk ruangan belajar yang memiliki kursi-kursi lebih nyaman dan personal.

Jarak pengajar dan peserta didik juga lebih dekat, jadi lebih mudah dan jelas menerima materi. Beberapa bimbel juga melengkapi fasilitas multimedia. Dan yang tampak mencolok, tulisan di papan tulis biasanya dengan spidol yang berwarna-warni. Makin asik kan?

 

2. Para Pengajar Humble dan Friendly

Bukan berarti guru-guru di sekolah nggak ada yang humble dan friendly. Kebanyakan pengajar bimbel memiliki pembawaan yang lebih santai dan mudah berinteraksi dengan peserta didiknya.

Pengajar bimbel lebih punya sikap entertainer dalam menyampaikan materi inti, rumus maupun trik menyelesaikan soal-soal. Mereka juga pandai mencairkan suasana. Selain sebagai pengajar, mereka juga bertindak sebagai mentor dan tempat curhat.

Jadi kamu memiliki banyak kesempatan untuk berkonsultasi, apakah itu mengenai mata pelajaran, soal try out, hingga rencana pendidikan selanjutnya.

 

3. Lebih Santai tapi Tetap Serius

Di sekolah banyak aturan yang mengikat, di bimbel juga ada tetapi lebih fleksibel, misalnya berkaitan dengan busana, tempat duduk di kelas, dan jam belajar.

Di sekolah, kita pakai seragam, tapi sewaktu bimbel kita bebas pakai busana apa saja asalkan sopan. Bahkan, pakai sendal pun kita masih bisa mengikuti bimbel.

Di kelas bimbel kita juga bisa berpindah-pindah tempat duduk setiap hari untuk mendapatkan suasana baru. Ini adalah hal yang nggak bisa didapatkan di kebanyakan sekolah.

 

4. Metode Belajar

Di bimbel yang diajarkan kebanyakan bersifat praktis, bukanlah konsep dasar. Bahkan ada guru bimbel mengajarkan cara cepat yang ia dapatkan dari hasil mengulik soal. Keren ya?

Di sekolah, sudah pasti yang diajarkan konsep dasar atau keilmuan dasar karena mengacu pada kurikulum pendidikan. Meskipun begitu, pengajar bimbel juga nggak mengesampingkan konsep dasar.

Guru sekolah, yang juga mengajar di bimbel, biasanya sering mengkombinasikan hal ini, konsep dasar dan cara cepat belajar.

 

5. Teman Baru dari Berbagai Sekolah

Di bimbel kamu akan mendapatkan teman-teman baru. Mereka bisa dari satu sekolah, berbeda kelas maupun berasal dari sekolah lain.

Selain teman baru, kamu juga berkesempatan punya gebetan baru. Tapi jangan lupa ya, tujuanmu adalah belajar. Tak cuma teman, pengajar bimbel pun juga bisa berasal dari latar belakang sekolah yang berbeda. Secara tak langsung koneksi kamu makin bertambah.

 

Masih malas untuk belajar dan berprestasi? Coba pikirkan lagi. Karena masa depan kamu tergantung pada upaya dan kemauan belajar saat ini.

Jika bekal pengetahuan dan pendidikan kamu tinggi, maka peluang untuk meraih sukses menjadi lebih lebar.

Jika kamu ingin lulus SPMB PKN STAN, diskusi saja langsung dengan guru dan mentor yang berpengalaman dan berkompeten di sini.

Btw, udah siap ikut SPMB PKN STAN 'kan?

 

Penulis : Dewi Shinta N
Editor : Dwi Andika Pratama

 

Related Article