ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

6 Tipe Belajar Ini Bikin Belajarmu Makin Efektif

Published at 18 Oct 2018 20:26

Setiap orang pasti punya gaya belajar yang berbeda-beda, nggak terkecuali kamu kan? Karena bisa aja dengan teman bangku mu berbeda, dengan kakakmu sama.

Udah tau belum gaya belajar itu dibedakan menjadi beberapa tipe, terus kamu itu bermasuk tipe apa ya?

Kalau belum tau, yuk simak bareng-bareng apa aja sih macam-macam gaya belajar?

 

Pertama, Visual

Orang dengan gaya belajar visual itu biasanya banyak belajar dan memahami sesuatu dengan melihat, seperti melihat buku, foto, video, diagram, dan berbagai materi visual yang menarik.

Kalau kamu senang belajar dengan cara seperti ini, berarti kamu termasuk orang yang punya gaya belajar visual dan kamu harus banyak-banyak memperhatikan dan membaca.

Kamu bisa memberi highlight warna-warni pada buku catatan kamu atau kamu juga bisa menulis dengan menggunakan bolpoin yang berwarna-warni. Pokoknya kamu bebas deh mengkreasikan catatan kamu supaya lebih menarik.

 

Kedua, Auditory

Orang dengan tipe auditory adalah orang yang mudah mengingat ucapan orang lain dan senang mendengarkan penjelasan verbal, jika kamu senang belajar dengan mendengarkan maka kamu termasuk tipe auditory.

Biasanya kamu akan bisa menangkap pelajaran dengan menyimak penjelasan dari dosen atau guru kamu dengan baik.

Dan kamu juga bisa mendengarkan rekaman suara saat belajar. Contoh kamu bisa belajar, mempelajari materi pelajaran dari youtube.

 

Ketiga, Kinestetik

Orang yang belajar dengan mengandalkan aspek fisik dan gerakan. Saat belajar butuh memegang sesuatu dan merasakan hal-hal yang kamu pelajari nggak cuman sekedar melihat atau mendengar aja materi yang disampaikan.

Kamu senang belajar dengan bantuan alat peraga atau praktek langsung di lab, berarti kamu termasuk dalam tipe kinestetik.

 

Keempat, Serba Relaks

Biasanya orang serba relaks ini akan maksimal belajarnya kalau dalam keadaan baik saat merasa nyaman dan santai. Jadi harus membangun suasana yang relaks untuk belajar.

Gaya kamu bukan nih? Kalau iya, kamu harus pintar menenangkan diri ya! Jangan gampang ngedrop kalau kamu ada di situasi yang bikin tegang atau bikin kamu nggak nyaman.

Kamu bisa coba menghirup aromaterapi, makan cemilan tapi pilih cemilan yang sehat atau apapun deh yang bisa jadi mood booster buat dapetin lagi suasana belajar yang menyenangkan, yang buat kamu ngerasa nyaman.

 

Kelima, Menulis

Kalau kamu termasuk orang yang mudah menyerap pelajaran adalah dengan menulisnya, berarti kamu termasuk dalam tipe menulis. Biasanya dengan menulis catatan, bikin rangkuman atau menjawab pertanyaan latihan bakalan bikin kamu paham dengan materi yang diberikan.

 

Keenam, Meniru

Orang dengan tipe meniru adalah orang yang perlu contoh yang bagus agar bisa menguasai dan memahami suatu materi. Jangan salah kaprah ya, ini beda loh dengan mencontek.

Dengan perkembangan teknologi yang makin canggih, kamu bisa banyak lihat berbagai macam contoh pembahasan materi pelajaran yang diperagakan oleh guru atau tutor di media online yang bisa kamu ikutin.

 

Nah, itulah 6 tipe yang bikin belajarmu makin efektif, kamu termasuk tipe apa nih? Dan mungkin aja seorang bisa termasuk dalam dua tau bahkan lebih gaya belajar. Misalkan gaya belajar kamu itu kinestetik dan menulis.

 

Penulis: Anggun Widaningish
Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article