Apasih Bea Cukai Itu?

16 Aug 2018

Jurusan Kepabeanan dan Cukai memiliki 2 Program studi. Pertama prodi diploma 1 yang jangka waktu belajarnya 1 tahun terdiri dari pria dan wantia. Kedua adalah prodi diploma III yang jangka waktu belajarnya 3 tahun dan hanya terdiri dari pria. Seperti nama spesialisasinya, kepebanan dan cukai fokus mendidik mahasiswanya dalam kegiatan bea dan cukai pemerintahan. Bea dan cukai terdiri dari kegiatan transaksi luar negeri dan aktivitas ekspor dan impor sesuatu entitas.

Pendidikan spesialisasi kepabeanan dan cukai juga sedikit berbeda dibanding spesialisasi lain. Karena mahasiswa/i spesialisasi ini dididik ala militer gitu. Secara pegawai bea cukai akan ditempatkan di daerah yang cukup ‘keras’ seperti pelabuhan, bandara hingga perbatasan daerah di tengah laut.

 

  • Yang dipelajari di spesialisasi kepabeanan dan cukai⠀

 

Seperti spesialisasi lain, mata pelajaran keuangan juga wajib disantap oleh mahasiswa/i Kepabeanan dan Cukai. Tapi untuk khususnya, mahasiswa/i Kepabeanan dan Cukai lebih fokus mempelajari berbagai teknis dan administrasi terkait pemungutan bea dan cukai. Mereka juga diajar untuk mengidentifikasi berbagai komoditi yang sering diimpor atau diekspor serta perhitungan tarifnya. Itu mengapa mahasiswa spes BC (sebutannya) juga mempelajari hal-hal kimia secara dasar dan spesifik.

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019