ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Dear Kelas 12, 5 Aktivitas ini Membantumu Mengurangi Stres saat Menghadapi Ujian

Published at 22 Oct 2018 15:51

Sebelum Ujian Nasional (UN) berlangsung, kamu yang saat ini kelas XII, bakal menghadapi banyak Try Out (TO) dan ujian latihan lainnya. Yang biasanya diadakan sekitar akhir tahun semester ganjil dan awal semester genap.

Kamu bakal dapet tambahan pelajaran yang mengurangi jatah mainmu, syukur-syukur kalau ke sekolah buat ujian TO doang, masuk sekolah setengah hari, sisanya nongkrong, lalu baliknya les atau belajar bareng temen. Tapi kalau ada tambahan pelajaran lagi? Pasti satu hari full itu kamu harus berkutat dengan mata pelajaran.

Kurang lebih ya gambarannya kayak gitu ya masa-masa akhir di sekolah? Bosen nggak sih? Bosen banget pasti ya. Stres, juga iya. Tapi biar nggak stres atau berkurang konsentrasinya, kamu mesti pintar-pintar mengakalinya. Coba deh lakuin 5 hal berikut, biar masa akhir sekolah mu nggak ngebosenin:

 

1. Nonton Film

Di tengah-tengah pusingnya belajar persiapan UN, alangkah baiknya kamu memanfaatkan laptop kamu buat nonton film. Dari pada main game, nanti makin pusing nggak tamat-tamat gamenya atau susah mainnya, malah bikin nambah beban hidup kamu. Mendingan nonton film, selain ngilangin stres, satu kegiatan ini bisa nambah wawasan kamu lho.

 

2. Belajar di tempat bimbel

Mungkin di rumah atau di sekolah, kamu selalu menghadapi tekanan buat belajar menghadapi UN. Coba deh, belajar di tempat bimbel. Cari tempat bimbel yang guru dan tempatnya asik, kaya tempat Bimbel PKN STAN yang pasti bakal ngajarin kamu dengan cara yang asik.

 

3. Modif kamar mu yuk!

Suasana kamar juga mendukung mood kamu buat belajar. Nah, biar makin semangat, mending mulai ubah dekorasi kamarmu deh. Bisa kamu ubah dari penempatan interiornya, atau bisa kamu tambahkan poster dan foto-foto, biar kamarmu makin ciamik.

Ketika menginjak mahasiswa nanti, kita bakal menjalani ”hidup baru”. Nah, biar nggak sumpek, kamu coba mulai dari sekarang membereskan kamar mu, buku-buku yang sudah nggak terpakai bisa kamu mulai masukkan ke dalam rak dan buat perpustakaan mini di kamar mu deh.

 

4. Kumpul sama temen

Baik di sekolah, di rumah, dan bimbel, pasti otak kita udah pusing sama yang namanya pelajaran. Mau main ke mall atau nongkrong di coffee shop, pasti ngabisin uang jajan.

Nah, daripada main jauh-jauh, nggak ada salahnya kok buat ngajak teman main ke rumah atau kita yang main ke tempat teman dekat rumah. Walaupun cuma sekedar ngobrol, salah satu kegiatan ini bisa ngilangin stres kamu lho, karena secara nggak langsung kita merelease emosi saat bercerita.

 

5. Gabung di Komunitas

Kata siapa, sih, ikut komunitas bisa ganggu ujian kita? Hmm. Justru, berkegiatan bareng orang-orang yang punya satu kesukaan dengan kita tuh bisa bikin bahagia, lho. Ngilangin stres.

Kamu yang suka gambar, bisa ikut gabung di komunitas street art, kamu yang suka musik, bisa refreshing dengan kopi darat sama temen-temen gitaris. Sepulangnya, kamu jadi nggak stres lagi kan. Belajar jadi lancar.

 

Dari pada stres ngadepin ujian, mending lakukan 5 kegiatan tersebut. Selain ngilangin stress, bisa nambah wawasan dan nambah teman juga lho, kan lumayan nambah referensi kamu, jadi kalau misalnya kamu lulus kuliah bisa dapet informasi lowongan kerja dari teman kenalan kamu kan. Selamat mencoba!

 

Penulis : Dewi Shinta N

Editor: Dwi Andika Pratama

 

Related Article