ENS Indonesia

Please wait...

Blog

SEPUTAR PKN STAN

Di SPMB PKN STAN Ada Nilai Mati. Sudah Tau?

Published at 30 Nov 2018 15:00

Halo STANERS! Masih semangat belajar? Harus dong, ya. Demi lulus di SPMB PKN STAN.  Sebelumnya kamu sudah tau belum kalau di ujian tertulis itu diberlakukan NILAI MATI?! Jadi, kalau kamu pengen lulus di ujian tertulis SPMB PKN STAN kamu harus lulus nilai mati karena itu merupakan syarat mutlak untuk bisa lulus ujian tertulis.

Apa sih nilai mati itu? Nilai mati adalah jumlah minimal soal yang harus dikerjakan dengan benar untuk masuk dalam perhitungan ranking agar dapat lulus dalam ujian tertulis SPMB PKN STAN. Dan berlaku untuk ujian tertulis Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris.

Tunggu apa lagi? Baca penjelasannya di bawah ini:

 

1. Nilai Mati berarti jumlah benar harus lebih dari 1/3 jumlah soal

Jumlah soal dalam tes tertulis SPMB PKN STAN itu sebanyak 180 soal, dengan presentase Tes Potensi Akademik sebanyak 120 soal dan Tes Bahasa Inggris sebanyak 60 soal. Berdasarkan ketentuan nilai mati yaitu sebesar 1/3 (sepertiga) dari jumlah soal tiap bagian, maka Tes Potensi Akademik dengan jumlah 120 soal, maka minimal kamu harus bisa mengerjakan sebanyak 40 soal yang benar (120 soal x 1/3). Sedangkan untuk Tes Bahasa Inggris dengan jumlah 60 soal, maka minimal kamu harus mengerjakan 20 soal yang benar (60 soal x 1/3).

 

2. Nilai Mati Belaku dalam Setiap Bagian Soal, yaitu Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris

Ini penting banget kamu ingat! Nilai mati ini nggak hanya berlaku pada satu bagian tes tertulis ya tapi pada keduanya. Jadi, kalau misalkan kamu lulus nilai mati di Tes Potensi Akademik sedangkan di Tes Bahasa Inggris nggak lulus berarti kamu dinyatakan gugur. Begitu pula sebaliknya.

 

3. Lulus Nilai Mati Belum Tentu Lulus Tes Tertulis

“Lho kok begitu, katanya lulus nilai mati adalah syarat mutlak untuk lulus ujian tertulis SPMB PKN STAN?” Iya memang, tapi perlu digaris bawahi ya, walaupun lulus nilai mati bukan berarti otomatis lulus ujian tulis tertulis. Tapi dengan lulus nilai mati berarti kamu berkesempatan untuk masuk dalam perankingan nasional yang akan menentukan lulus nggaknya kamu di SPMB PKN STAN.

Di PKN STAN memakai sistem skor. Karena peserta SPMB PKN STAN dari seluruh indonesia, jadi nggak bisa kamu cuman dapat nilai ‘pas-pasan’ saja karena dikhawatirkan akan gugur di perankingan nasional.

Baca: Wajib Coba! 4 Tips Mengerjakan Soal Ujian Tertulis Masuk PKN STAN

Maka jadikanlah nilai mati ini sebagai patokan agar kamu bisa meraih nilai setinggi-tingginya atau dengan kata lain kamu harus bisa menjawab soal benar lebih dari 1/3 jumlah soal.

Gimana sudah paham tentang nilai mati yang harus kamu dapatkan?

Jadikanlah nilai mati ini sebagai motivasi kamu untuk lebih rajin latihan soal untuk menghadapi SPMB PKN STAN, lulus dari nilai mati merupakan langkah awal untuk lulus, tapi yang paling baik adalah kamu harus bisa mendapatkan nilai setinggi-tingginya pada Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris ini.

Selamat Berjuang!

 

Penulis : Anggun Widaningsih

Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article