ENS Indonesia

Please wait...

Blog

MOTIVASI

IKUT BIMBEL DARI SEKARANG? WORTH IT ENGGAK SIH?

Published at 13 Oct 2018 11:31

Nggak berasa sebentar lagi udah masuk tahun ajaran baru. Kawan ENS yang naik ke kelas 12 akan mulai bersiap menghadapi UN. Tapi persiapan di sekolah untuk kelulusan tentunya berbeda dong dengan persiapan untuk menuju perguruan tinggi apalagi untuk menghadapi saringan masuk PKN STAN.

Biasanya nih jelang UN atau penerimaan mahasiswa baru, banyak yang ikutan bimbel deket rumah atau deket sekolah, atau yang penting tempat bimbelnya populer deh. Rata-rata sih, pada ikutan bimbel pas udah masuk kelas 12 atau ada yang baru ikut bimbel untuk persiapan ke universitas di semester genap atau bahkan setelah UN.

Tapi sebenernya kapan sih waktu yang tepat kita ikut bimbel?

Kalau kata pak I Gede Panca, Mantan Kepala Sub Bidang Sarana dan Prasarana Direktorat Pembinaan Khusus, Kemendikbud RI, baiknya kita ikut bimbel itu dari awal masuk SMA. Soalnya kan kita belajar dari kelas 10, bukan baru belajar dari awal kelas 12.

Pria berkumis ini bilang bimbel itu memang dibutuhkan pelajar untuk memperkuat materi dan pemahaman yang gak didapat di sekolah, apalagi tahu sendiri kan materi ujian stan ga semuanya diajarkan disekolah? Tapi.. kalau pelajarnya kurang mampu, mungkin ya mesti pinter-pinter belajar sama temen atau serius belajar dirumah dan kurangin main.

Masih kata pria berkacamata ini, peran bimbel ini seharusnya juga bisa diterapkan di sekolah. Khususnya untuk metodelogi yang lebih mudah dicerna dan juga penyampaian pesan atau materi yang lebih menyenangkan kepada para siswa-siswinya.

.”Itu lah mengapa kadang kala anak-anak itu lebih mengerti belajar di tempat bimbel atau tempat les itu. Metodenya lebih mudah dipahami. Padahal kan seharusnya kalau guru-guru di sekolah bisa seperti itu, mungkin tempat bimbel nggak perlu ada. Tapi kan kondisi dan kenyataannya nggak seperti itu,” tuturnya.

”Misal mau bimbel, ya memang harus dilihat lagi tujuannya ikut apa. Karena kalau tidak serius, ya percuma buang-buang uang. Kecuali kalau niat, pasti akan lebih berprestasi di sekolah,” tambah Pak Panca.

Temen kita, Haikal Adam, bilang, emang baiknya kita bimbel jangan cuma pas baru masuk kelas 12. Tapi dari awal masuk SMA.

Sebenernya kamu mau ikut bimbel dari kelas 10 atau kelas 12 terserah. Tapi memang kebanyakan menganjurkan ikut dari awal masuk sekolah. Orang tua pun juga kadang-kadang ada yang mendorong buat langsung ikutin kita bimbel dari kelas 10 sih. Nah, kalau udah begini, menurut kamu gimana? Kapan kira-kira waktu yang tepat buat kita ikutan bimbel?

Oh iya, ENS juga lagi ngadain bimbel untuk awal tahun ajaran baru. Kawan ENS yang masih kelas 10 atau 11 bisa coba program kami di EID atau SOS!

 

Oleh: 

Fathia Yasmine

Related Article