ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Jangan Salah Pilih Jurusan! Ini Dia Tips Memilih Jurusan PKN STAN yang Tepat

Published at 17 Oct 2018 15:29

Nggak usah bingung mikirin biaya kuliah dan cari kerja setelah kuliah, karena PKN STAN jawabannya. Sekolah kedinasan ini menjadi salah satu tujuan yang banyak diminati oleh lulusan SMA atau sederajat.

Karena untuk lulusan STAN sendiri sudah dijamin mendapatkan lapangan pekerjaan dan gratis lho. Kok bisa gratis dan langsung dapat pekerjaan sih?

Jawabannya, karena kampus milik negara ini sudah menyepakati untuk menanggung biaya perkuliahan selama 3 tahun, kecuali biaya pendaftaran, biaya daftar ulang dan biaya wisuda. PKN STAN memiliki banyak jurusan kuliah, yang bisa kamu tentukan dari sekarang, berikut jurusan dan program studi PKN STAN :

  1. Jurusan Akuntansi memiliki 2 program studi:
  • D4 Akuntansi
  • D3 Akuntansi
  1. Jurusan Pajak memiliki 3 program studi:
  • D3 Pajak
  • D3 Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai
  • D1 Pajak
  1. Jurusan Kepabeanan dan Cukai memiliki 2 program studi:
  • D3 Kepabeanan dan Cukai
  • D1 Kepabeanan dan Cukai
  1. Jurusan Manajemen Keuangan memiliki 3 program studi::
  • D3 Kebendaharaan Negara
  • D3 Manajemen Aset
  • D1 Kebendaharaan Negara

Banyak kan pilihan studinya? Walaupun gratis dan peluang kerja yang besar, nggak jarang, siswa kelas 12, minder dan mengurungkan diri buat mendaftar PKN STAN karena syaratnya yang cukup berat dan terkenal sangat ketat.

Jangan khawatir, masih ada istilah kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, kok. Jadi nggak ada salahnya dong kalau kita mencoba.

Tapi kalau udah di terima, jangan kamu sia-siakan peluang besar itu ya, jangan tiba-tiba kamu berpikir salah ambil jurusan. Oh NO! Sebelum kamu salah melangkah coba simak yuk, 5 tips memilih jurusan PKN STAN.

 

1. Tentukan Passion

Passion yang kamu miliki sangat berpengaruh terhadap pemilihan jurusan dan program studi di STAN. Jangan sampai ada kalimat “salah pilih jurusan”. Sebagai contoh, kamu saat ini lebih menyukai hafalan maka lebih cocok pilih bidang manajemen keuangan atau pajak.

 

2. Kuota

Untuk memilih sebuah jurusan/program studi usahakan tau berapa banyak kuota peminat di jurusan tersebut dan berapa banyak kuota yang tersedia. Semakin banyak peminat maka semaki sedikit kuota yang ditawarkan bahkan kecil kemungkinan untuk diterima. Jadi, kamu harus pintar melihat peluang juga ya.

 

3. Kota

Kenapa harus kota? hal ini berpengaruh terhadap pemilihan jenjang pendidikan. Jika ingin keluar dari zona nyaman, maka jangan pilih D1 di urutan pertama karena lokasi pendidikannya berada di 11 Balai Diklat Keuangan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tapi jika ingin mencoba dan kalian suka berpetualang tak ada salahnya untuk memilih D1 yang cocok untukmu.

 

4. Persiapkan dengan Matang

Untuk menjamin seberapa baik kamu dalam mengerjakan tes maka perlu dipersiapkan dengan matang. Kamu bisa memulainya dengan membuat program belajar dengan memperhatikan jadwal pelaksanaan USM STAN.

Tentukan jurusan dan program studi dengan seyakin-yakinnya karena akan menentukan proses perkuliahanmu. Daripada bingung lebih baik konsultasi sama Admin ENS-STAN.

Penting untuk kamu belajar agar bisa membiasakan diri dengan konsep maupun rumus yang akan diujikan. Jangan lupa untuk mengumpulkan soal-soal USM STAN tahun lalu dan mempelajarinya.

Ada banyak kumpulan soal di internet yang bisa kamu pelajari bahkan tersedia dengan kunci jawabannya. Kalau gak mau ribet ya bisa langsung ikut BIMBEL STAN TERBAIK aja. ^_^

 

5. Bijak dalam memilih tempat belajar

Nggak sedikit lembaga yang mengadakan try out untuk Ujian Saringan Masuk STAN. Kamu bisa gunakan kesempatan tersebut jika tak ingin atau kesulitan saat belajar sendiri. Disini kamu perlu selektif untuk memilih tempat belajar, karena guru dan tempat yang asik bisa membuatmu nyaman saat diskusi. Agar melihat hasil yang optimal dan akurat, Bimbel PKN STAN terbaik, disinilah tempatnya.

 

Jadi itulah 5 tips memilih jurusan PKN STAN yang tepat, ingat ya jangan menyerah dan mudah putus asa, ikuti passion mu, turuti kata hati mu dan raihlah mimpi mu!

Btw, Rencanamu pilih program studi apa?


Penulis : Dewi Shinta N

Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article