ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

Kamu Seorang Prokrastinator Kalau Mempunyai 6 Ciri ini!

Published at 28 Feb 2019 15:40

Apa itu Prokrastinator?
Pasti istilah ini masih asing terdengar di telinga kamu. Prokrastinator merupakan suatu kebiasaan menunda-nunda pekerjaan yang seharusnya diselesaikan.

Banyak nih dari kamu anak-anak muda yang sering menunda-nunda pekerjaan, betul ‘kan? Padahal tugas udah menumpuk tapi kamu selalu memiliki excuse untuk mengerjakannya, seperti “Omg, tugasnya terlalu banyak! I’ll do it tomorrow.” Hehehe.
Sebenarnya kalau kamu menunda-nunda kerjaan bukan menjadi solusi yang tepat lho! Yang ada tugas kamu semakin menumpuk.  

Kalau kamu mempunyai ciri-ciri seperti di bawah ini, tandanya kamu seorang Prokrastinator nih!

 

1. Keras Kepala Alias Batu

 

(image: google.com)

 

Kamu seorang Prokratinator kalau kamu paling nggak bisa dipaksa buat ngerjain tugas dan tetep kekeh dengan pendirianmu. Biasanya, orang dengan sifat ini nggak suka diatur-atur sama oranglain, dan nggak akan mau ngerjain tugas kalau nggak mood.

Hmm bahaya, ya? Padahal pilihannya belum tentu yang terbaik, malah bisa jadi boomerang buat diri kamu sendiri! So, kalau kamu seperti itu, kurang-kurangin, ya!

 

2. Terlalu Percaya Diri

 

(image: google.com)

 

Memiliki kepercayaan diri memang penting. Tapi, kamu tau nggak sih? Kalau terlalu percaya diri bukan hal yang baik. Malah bisa jadi salah satu tanda kalau kamu seorang Prokrastinator.

Terlalu percaya diri di sini bisa dilihat kalau kamu sangat pede jika kamu dapat melakukan pekerjaanmu dalam waktu yang singkat, bukan karena kamu mampu tetapi karena rasa malas yang menguasai tubuhmu.

Sebenarnya kamu nggak berniat buat mengerjakan tugas itu, tapi karena alasan kepepet, ya mau nggak mau, deh! Kamu akan pede mengerjakan tugas-tugas tersebut di menit-menit terakhir.

 

3. Suka Terlambat

 

(image: google.com)

 

Hayo siapa di sini yang sering banget terlambat? Semoga bukan kamu orangnya, ya!
Seorang Prokrastinator paling suka banget yang namanya terlambat. Ya, seperti julukannya yang suka mengulur-ngulur waktu.

Biasanya, orang dengan sifat seperti ini nggak pernah menghargai waktu alias suka menyepelekan sesuatu. Kamu dengan sifat ini seringkali mengumpulkan tugas nggak tepat pada tenggat waktunya.

Padahal, kalau kamu mengerjakan sesuatu dengan tepat waktu malah memiliki nilai plus dalam diri kamu lho!

 

4. Terpaku dengan Tugas yang Nggak Penting

 

(image: google.com)

 

Kalau kamu seringkali terpaku pada tugas yang nggak penting, kamu merupakan seorang Prokrastinator. Padahal, kamu punya tugas yang lebih penting yang harus kamu selesaikan, tetapi kamu malah fokus mengerjakan tugas yang nggak penting-penting banget biar terlihat sibuk. So, coba kerjain tugas-tugas yang paling penting dulu ya!

 

5. Perencana yang Baik tapi Pelaku yang Buruk

 

(image: google.com)

 

Kenapa dikatakan seperti itu? Karena biasanya seorang Prokrastinator itu jago banget merencanakan sesuatu hal yang ingin mereka lakukan. Tapi untuk eksekusinya? Hampir nggak pernah diselesaikan!

Ibaratnya, kamu punya to-do-list tapi satupun dari poin-poinnya nggak pernah kamu coba kerjakan. Pelaku yang buruk, bukan?

Baca juga: Kenali Temanmu. Bisa Jadi Ia Tergolong 5 Ciri ini.

 

6. Takut akan Kegagalan

 

(image: google.com)

 

Seorang Prokrastinator takut banget akan kegagalan. Kamu ingin selalu terlihat sempurna. Kalau kamu mendapatkan tugas yang lumayan sulit, kamu lebih memilih menunda dan menahan ide-ide yang ada di kepalamu, karena menurutmu ide-ide kamu masih kurang banget. Padahal, kalau menahan-nahan seperti itu sangat buang-buang waktu, ‘kan?

 

So, itulah ke-6 ciri dari sifat Prokrastinator!  Kalau kamu merasa memiliki ciri-ciri seperti itu, yuk mulai dari sekarang kamu harus membiasakan diri menjadi pribadi yang lebih disiplin!

Selamat membaca dan jangan lupa komen, ya!

 

Penulis: Sarah Farhana

Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article