ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Kenali Temanmu. Bisa Jadi Ia Tergolong 5 Ciri ini.

Published at 30 Oct 2018 16:55

Pernah nggak sih kamu ketemu sama orang yang datang cuma buat nyontek PR matematika doang? Setelah nyontek kamu ditinggal, dengan ucapan terima kasih doang? Ih. sebel nggak sih! So. Kamu harus teliti dalam memilih teman, jangan sampai kamu berteman dengan orang yang hanya ingin memanfaatkan kamu saja.

Teman yang sesungguhnya adalah orang yang menemani kita baik dikala suka maupun duka. Teman bisa kita temukan di ruang lingkup masyarakat, sekolah, dan pekerjaan. Fungsi kita berteman untuk bersosialisasi. Tanpa sosialisasi kehidupan manusia nggak akan berjalan lancar, maka sosialisasi dalam lingkup kecil yaitu berteman.

Pilihlah teman yang menerima kamu dalam kondisi apapun, karena teman atau sahabat sejati itu nggak cuma datang kalau ada maunya doang dan nggak akan meninggalkan temannya yang lagi diterpa masalah. Itulah gunanya teman, saling membantu di saat suka dan duka.

Supaya kamu nggak dongkol sama teman yang suka memanfaatkan teman sendiri, yuk simak ciri-cirinya berikut ini..

1. Baik kalau ada maunya

 

Dulu kamu nggak pernah diajak main futsal sama dia. Tapi tiba-tiba dia ngajakin kamu buat main futsal bareng. Ada apa ini? Kamu harus waspada sama temen yang satu ini, jangan-jangan kamu cuma mau dijadiin tukang ojek aja, sampai ke tempat futsal. Wahh. Harus pintar nolaknya, ya! Kalau sudah seperti ini, jangan mau dimanfaatkan dengan teman yang ada maunya aja.

 

2. Suka minta tolong

 

Kamu mesti waspada sama temen yang suka minta tolong ini itu. Karena bisa jadi, saat kamu minta tolong sama dia, dia malah menghilang. Temen sejati itu nggak bakal minta tolong sama temennya dengan segampang itu, biasanya ada rasa nggak enak. Beda sama temen yang ingin memanfaatkan, dia nggak bakal malu buat minta bantuan.

 

3. Lupa daratan

Dulu pas masih susah dia sering banget minta bantuan kamu. Tapi setelah sukses jadi selebgram, cuma orang-orang yang pakai baju di atas 1 juta aja yang diundang dan kamu yang nggak dia undang. Fixed, dia cuma manfaatin kamu doang. Susah sama kamu, enak sama orang lain.

 

4. Nggak pernah memberi

 

Coba kamu inget-inget, temen kamu itu pernah ngasih sesuatu nggak sama kamu? Kalau nggak pernah, kamu harus waspada. Bisa jadi dia cuma mau manfaatin kamu doang. Karena teman sejati itu nggak bakal perhitungan buat memberikan sesuatu ke temannya, bukan bisanya cuma minta doang.

 

5. Ninggalin kamu saat susah

 

Hampir di setiap ulangan, kamu selalu ngasih jawaban ke dia. Tapi giliran kamu lupa nggak belajar, terus ada ulangan mendadak dia sama sekali tidak membantu kamu. “Bro, liat nomor 3, 5, 7, 12, 13, 19, 20?” belum semua bro” Selang beberapa detik, eh dia malah ngumpulin lembar jawabannya terus ninggalin ruangan gitu aja tanpa ada rasa bersalah. Nggak apa-apa jadikan pembelajaran aja buat kamu!

Memang kita diajarkan buat menolong orang dengan ikhlas tanpa mengharap balasan. Tapi kalau orang yang ditolonginnya seperti ciri-ciri di atas, mendingan nggak usah. Daripada nanti malah sakit hati. Jadi harus pintar-pintar pilih teman ya mulai sekarang.

Btw, yang paling sebel itu yang mana?

 

Penulis: Dewi Shinta N.
Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article