ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

Waspadalah! 5 Kebiasaan Asyik ini Bisa Mengancam Kesehatanmu…

Published at 04 Jul 2019 15:32

Dalam kehidupan sehari-hari, kita semua punya kebiasaan yang udah tertanam di diri kita. Hal tersebut memang sangat menyenangkan, hingga menjadi suatu kebiasaan untuk kita lakukan. Jadi… kalau nggak ngelakuin hal tersebut, malahan kayak ada yang kurang?

Tapi nih ya… justru kebiasaan yang asyik itu ternyata bisa mengancam kesehatanmu lho…

Kamu harus tau nih Kawan ENS, 5 kebiasaan asyik yang bisa mengancam kesehatan kamu..

 

1. Dengerin Lagu Pake Earphone Berjam-jam

Hampir semua orang suka banget dengerin lagu pake perantara earphone. Karena feel-nya lebih dapet… ya nggak sih? Hehehe. Sebenernya nggak apa-apa sih ngedengerin lagu pake earphone. Tapi tau batasan waktunya ya! Kalau cuma sebentar masih oke deh, tapi kalau udah berjam-jam justru udah nggak baik buat pendengaran kamu, yang ada pendengaran kamu jadi terganggu. Apalagi kalau volume-nya tinggi dan kebawa tidur, aduh nggak kebayang deh bahayanya kayak gimana…

 

2. Makan Junkfood

Nah ini nih yang sering dilakukan anak-anak muda. Kalau lagi laper terus mama lagi nggak masak di rumah, makanan junkfood menjadi solusinya. Bahkan dalam seminggu, bisa makan junkfood 3 sampai 4 kali. Di tambah lagi sekarang udah ada jasa-jasa pihak ke tiga yang memudahkan kamu buat order makanan.

Emang sih makan junkfood tuh simple banget, nggak perlu nunggu lama-lama… tapi bahaya juga tau! Karena makanan junkfood itu mengandung bahan-bahan pengawet yang nggak sehat untuk tubuh kamu.

 

3. Begadang

Hayo di sini siapa yang suka begadang? Yang baru tidur saat ayam udah berkokok. Inget kata-kata Bang Rhoma “Begadang jangan begadang, kalau tak ada gunanya”. Jadi, kalau nggak penting-penting banget, nggak perlu deh begadang-begadang, kecuali kalau memang ada kerjaan yang harus kamu selesaikan ya! Jangan karena nungguin chat gebetan atau mantan, hehehe. Kalau kebanyakan begadang, kesehatan kamu bisa terganggu lho… kamu jadi stress, dan kantong mata kamu jadi menghitam. Hiii nggak mau ‘kan?

 

4. Main Handphone Lama-lama

Pagi, siang, dan malam terpaku sama layar handphone… pasti kamu orangnya!

Kalau kebiasaan kamu kayak gitu, jangan berharap mata kamu masih sehat deh. Cahaya handphone itu bisa bikin penglihatan kamu terganggu lho!

Nggak cuma itu aja, main handphone lama-lama juga bisa bikin sakit kepala dan radiasi ke otak. Pernah denger nggak orang yang main handphone 24 jam matanya membengkak? Bahaya banget ya?

 

5. Merokok

Kebiasaan yang satu ini emang susah banget ditinggalin dalam sehari-sehari. Biasanya buat perokok, kalau kamu nggak ngerokok sehari aja rasanya kayak lagu Anang Hermansyah “Separuh Jiwaku Pergi” hehehe.

Tapi serius deh, rokok itu memang kebiasaan yang asyik, tapi bisa mengancam kesehatan kamu lho… walaupun kamu merokok cuma 1 batang sehari, tetap bisa menyebabkan pembekuan darah. Aliran darah kamu jadi nggak lancar karena tumbuhnya plak di arteri dan pembuluh darah kamu. Ngeri banget ‘kan?

 

Nah, gimana nih Kawan ENS? Masih mau ngelakuin kebiasaan-kebiasaan di atas?

So, menurutmu apa aja sih kebiasaan yang mengancam kesehan, komen dibawah ini ya…

Jangan lupa untuk komen dan share ke teman-teman kamu ya! Semoga membantu!

 

Penulis: Sarah Farhana

Editor: Dede Nursalam

Related Article