Blog

ENS TIPS

4 Cara Memilih Bimbel Yang Tepat!

Published at 08 Mar 2019 14:01

Salah satu strategi untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi adalah dengan mengikuti bimbingan belajar atau bimbel. Mau masuk perguruan tinggi negeri, swasta, atau kedinasan mengikuti bimbel itu perlu lho! agar kamu lebih mantap dan lebih percaya diri menghadapi ujiannya. Sekarang ini banyak banget tempat bimbel di Jakarta, hampir nyaingin jumlah mini market yang kembar itu lho, setiap 20 meter ada!

Karena itulah memilih bimbel yang ‘berkualitas’ itu susah-susah gampang sekarang ini. Banyak hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memilih tempat bimbel. Nah, untuk memilih bimbel terbaik, kamu bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini!

 

1. Tipe Bimbel

Sebelum mengenali tipe bimbel apa buat kamu, pertama-tama kamu harus mengenali dulu tipe atau gaya belajar kamu seperti apa?

Kamu senang belajar sendirian, belajar dalam kelompok kecil, atau belajar dalam kelompok besar. Setelah itu kamu bisa memilih tipe bimbel apa yang kamu inginkan.

Biasanya di tempat bimbel itu ada pemilihan ingin ada berapa orang dalam satu kelas, atau untuk kamu yang senang belajar sendiri pun, kamu bisa memilih les private.

Jadi, kamu bisa menyesuaikan bimbel seperti apa yang cocok dengan kamu, kalau sudah begitu kamu akan merasa nyaman dan senang ketika menjalani bimbel.

 

2. Pemilihan Lokasi

Sebisa mungkin, pilih tempat bimbel yang dekat ya, kira-kira aja yang nggak bikin kamu tua di jalan. Kalau misalnya rumah kamu di sekitar Bintaro dan sekolah kamu di sekitar Blok M, kamu jangan nekat untuk bimbel di Depok apalagi di Bogor. Kamu mau nyaingin bus parawisata lintas kota setiap hari?! Nggak ‘kan? So, faktor ini perlu jadi pertimbangan buat kamu nih!

 

3. Kredibilitas Tempat Bimbel

Di dekat rumah atau sekolah kamu banyak banget tempat bimbel, kira-kira ada 1.256 tempat bimbel. Lebay banget ya? hehehe. Banyaknya pilihan tempat bimbel dekat rumah dan sekolah masih bikin kamu bingung, coba deh kamu cek reputasi tempat bimbel tersebut, banyak browsing, atau tanya sama yang pernah bimbel di situ.

Tapi nggak ada salahnya juga sih kamu pilih tempat bimbel yang agak jauh, asalkan ‘berkualitas’ dibandingin yang deket tapi nggak bikin kamu yakin. Satu hal nih yang perlu jadi pertimbangan kamu, tempat bimbel yang pasang iklan pakai artis terkenal itu belum tentu terbaik lho ya! Emang ‘si artis’ beneran ikut bimbel di situ? Hehehe.

 

4. Pengajar dan Fasilitas

Pengajar atau tentor di tempat bimbel juga penting untuk kamu pertimbangkan ya, karena kan mereka lah yang akan membimbing kamu menuju masa depan yang cemerlang. Kamu jangan mager alias males gerak buat cari info, kamu bisa datang ke tempat bimbelnya langsung atau tanya-tanya sama yang udah pernah atau sedang bimbel di situ.

Selain itu, kamu coba cek apakah di tempat bimbel tersebut menyediakan fasilitas seperti try out, sesi pemantapan, metode belajar yang variatif, dan lain-lainnya. Tapi bukan berarti kamu harus pilih bimbel yang menyediakan semua fasilitas yang kamu mau ya, tapi kamu pilih tempat bimbel yang punya fasilitas yang menurutmu penting dalam membantu kamu menguasai materi pelajaran.

 

Kalau kamu sudah mempertimbangkan hal-hal di atas, pasti kamu bisa menentukan pilihan tempat bimbel terbaik untuk kamu. Tapi kalau kamu masih bingung juga, kamu bisa jatuhkan pilihan pada bimbel ENS PKN STAN.

Terutama untuk kamu yang punya keinginan masuk PKN STAN, kamu harus banget masuk bimbel yang memang khusus untuk penerimaan mahasiswa baru PKN STAN. Kamu nggak bisa asal-asalan pilih tempat bimbel untuk masuk PKN STAN, melihat ketatnya persaingan.

Kamu bisa persiapkan SPMB PKN STAN 2019 ini bersama bimbel ENS.

Baca juga: ENS Contest Spesial Ulang Tahun ke-10

 

Penulis: Anggun Widaningsih

Editor: Sarah Farhana

Related Article