ENS Indonesia

Please wait...

Blog

SEPUTAR PKN STAN

Bukan sekedar akting. Ini Dia 5 Manfaat ikut UKM Teater PKN STAN

Published at 15 Jan 2019 14:46

Salah satu kebutuhan masyarakat di dunia, terutama Indonesia adalah hiburan. Terlihat dari rating di televisi yang paling banyak ditonton masyarakat indonesia adalah acara hiburan berupa, program musik, game show, dan sinetron. Maka nggak heran, kalau di setiap kampus kamu UKM yang banyak diminati adalah UKM yang berbau hiburan, seperti musik, standup atau teater.

Ngomong-ngomong soal Teater, salah satu seni yang bergejolak di bidang seni peran ini nggak akan pernah habis dimakan zaman. Banyak orang yang mengikuti teater dengan alasan, puas bisa mengekspresikan diri lewat latihan. Ada benarnya juga, coba deh kalau kamu liat anak teater latihan. Pasti seru, ada yang teriak-teriakan seperti orang kesurupan, ada yang berusaha diam dengan tatapan kosong, dan menari tanpa ada musik yang mengiringi. Itu udah biasa banget dilakukan anak teater, sebagai bagian olah tubuh dan olah rasa mereka.

Bagi kamu calon mahasiswa PKN STAN, jangan takut kampus kedinasan ini nggak ada UKM seni nya. Di PKN STAN juga ada UKM teater yang bernama Teater alir. Teater ini aktif latihan dan membuat pertunjukan lho, buktinya aja tanggal 16 Desember 2018, Teater alir baru mebuat pertunjukan dengan tema pernikahan darah.

Sebelum menjadi mahasiswa tetap, nggak ada salahnya berkunjung dan melihat sesi pertunjukan atau latihan dari teater alir ini, kamu bisa kontak instagramnya di @teateralir.stan. Nah jadi apa aja sih manfaat ikut UKM teater, yuk simak.

 

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Buat kamu si pemalu, jangan ragu ikut UKM teater. Di sini kamu bakal dilatih percaya diri dengan tampil di depan umum. Ya, awalnya memang pasti akan ragu-ragu tapi lama kelamaan bakal terbiasa kok.

Apalagi saat di panggung, kamu akan merasakan kepuasan tersendiri saat ada banyak mata fokus pada penampilan kamu di atas panggung. Rasa grogi tadi bakal pergi menjauh deh, dan selamat kamu sudah siap menjadi orang percaya diri.

 

2. Badan Jadi Sehat

Teater menjadikan orang didalamnya sehat dan kuat, dengan diwajibkannya olah tubuh sebelum latihan. Olah tubuh itu sama saja pemanasan, atau stretching, yang difokuskan pada gerakan badan dan melatih kelenturan, agar saat memerankan satu tokoh nanti, gestur yang akan kamu perlihatkan dapat memperkuat karakter yang dimainkan. Nah wajarkan kamu jadi makin sehat setelah ikut UKM teater, iyalah jadi rutin olahraga..

 

3. Melatih Kemampuan Menghafal

Dalam UKM teater ini, kamu akan dilatih bagaiamana menghafal dialog. Bukan semata-semata mengingat saja lho, tapi juga dengan dikhayati. Semakin kamu mengkhayati isi naskah, semakin kamu cepat dalam menghafal dialog, dan akhirnya bisa berimprovisasi dengan luwes deh.

Jadi, kunci menghafal itu hanya satu, hayati isinya, kalau kamu mampu membayangkan kejadiannya, pasti otomatis bakal keputar diingatan mu. Selamat menerapkan untuk mata pelajaran sejarah mu ya..

 

4. Melatih Artikulasi dan Vokal

Mayoritas pertunjukkan teater masih mengandalkan suara murni alias nggak menggunakan pengeras suara. Maka dari itu, kamu akan diajarkan teknik vokal dan artikulasi, ini penting untuk melatih suaramu agar bisa terdengan jelas tanpa harus berteriak yang justru akan membuat mu lelah.

 

5. Punya Banyak Teman

Dengan mengikuti UKM, tentunya bakal memperluas jaringan pertemananmu. Kalau sebelumnya kamu hanya kenal dengan teman sekelas saja. Melalui UKM kamu bisa akrab dengan kawan dari berbagai jurusan di kampus mu ataupun dari ruang lingkup seni lainnya. Jika ada pertunjukan diluar kampus otomatis kamu akan bertemu orang-orang baru yang juga bergelut pada beberapa bidang lainnya bukan? Dari situlah kamu akan semakin banyak kenalan dan teman.

 

Nah itu dia 5 manfaat mengikuti UKM teater, gimana menarik bukan? Kalau sudah tertarik dengan UKMnya, waktunya kamu kejar PKN STAN-nya dengan mengikuti bimbel di ENS PKN STAN kamu bakal diajarkan dengan pengajar yang berpengalaman dan tentunya berkompeten lho.. Selamat berperan!

 

Penulis: Dewi Shinta N

Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article