ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

Kenapa Mesti Bayar Pajak? Inilah 3 alasan utama, kenapa bayar pajak itu penting!

Published at 26 Nov 2018 15:30

Kamu pernah diajak orang tua kamu untuk perpanjang STNK atau bayar Pajak bangunan? Ya. Pasti, karena pengetahuan akan bayar pajak wajib banget diketahui sejak usia dini. Pajak juga bisa kita temui saat makan di restoran cepat saji, yang tiba-tiba menambah biaya makan kamu menjadi 10%? Ya, itu dinamakan PPN atau Pajak Pertambahan Nilai. Suka sebel kan kalau tiba-tiba biaya makan jadi bertambah gara-gara PPN? Tapi asal kamu tau, pajak ini sangat berguna bagi kelanjutan hidup negara kita lho.

Negara membutuhkan sumber penerimaan untuk membiayai pengeluarannya, salah satu sumbernya yaitu pajak. Pajak merupakan sumber pemasukan keuangan negara yang kemudian dialokasikan untuk membiayai pengeluaran rutin negara melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Selain itu, pajak digunakan sebagai biaya retribusi pembiayaan keamanan dan kenyamanan negara. Keamanan, untuk membayar tentara yang menjaga kedaulatan negara dan polisi yang menjaga ketertiban di masyarakat.

Lalu apa lagi sih fungsi lainnya dari pajak, yuk kita ulik 3 alasan utama kenapa bayar pajak itu penting:

 

1. Pajak adalah Sumber Penerimaan dan Pengeluaran Rutin Negara

Pajak ini berguna untuk meretribusi hutang negara, infrastruktur, dan kesejahteraan rakyat seperti. Hal ini merupakan fungsi utama pajak, kalau kita nggak bayar iuran pajak maka retribusi nggak berjalan lancar, maka antara pemasukan dan pengeluaran pun nggak seimbang. Contohnya seperti pengeluaran pembangunan infrastruktur, jika pembangunan terus dilakukan namun nggak ada pemasukan maka pembangunan akan terhenti dan menyebabkan kerugian negara maupun masyarakat.

 

2. Pajak untuk Stabilitas Harga dan Konsumsi

Pajak disini untuk menyaring dan membatasi konsumsi masyarakat, Misalkan membebani pajak pada barang mewah tertentu untuk mengurangi laju konsumsi yang berlebihan. Jika nggak diberlakukannya sistem seperti ini, makan akan melonjaknya pembelian barang mewah, contohnya seperti pembelian mobil, jika nggak ada pajak mobil, otomatis pembeli mobil akan melonjak dan menyebabkan kemacetan.

 

3. Pemerataan Pendapatan

Pemerataan pendapatan, seperti subsidi silang yang diberikan untuk mensejahterakan masyarakat contohnya Kartu Indonesia pPintar, Kartu Indonesia Sehat, dan pendapatan masyarakat kurang mampu. Selain itu adanya pemerataan gaji karyawan atau UMR pun juga termasuk upaya pemerintahan agar nggak terjadi kesenjangan sosial. Pemerataan pendapat lainnya, untuk menjaga kelestarian alam, hal ini dilakukan sebagai upaya menjaga alam yang telah memberikan manfaat pada manusia. Upaya pemerataan pendapatan ini seperti pemberian pupuk untuk para petani, pemberian bibit, dan lain-lain.

 

Nah itu dia alasan kenapa pajak penting untuk kita dan keberlangsungan negara Indonesia, karena tanpa pajak Negara kita nggak akan berkembang. Nah, jadi siapa nih yang mau masuk perpajakan PKN STAN? udah siap belum sama ujian seleksinya?

Kalau belum persiapkan diri kamu dari sekarang dengan bimbel PKN STAN terbaik bersama ENS. Udah bayar pajak belum tahun ini? Jangan lupa bayar ya, karena orang bijak, taat pajak!

 

Penulis : Dewi Shinta N

Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article