ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Penasaran! 5 Hal Sederhana ini Bisa Bantu Kita Menyelamatkan Bumi Lho!

Published at 23 Aug 2019 14:37

Dari tahun ke tahun, pasti kamu selalu denger kabar tentang kebakaran hutan atau populasi hewan yang berkurang karena sampah. Udah makin tua ya bumi kita?

Selain hal tersebut, masih banyak kerusakan-kerusakan lingkungan di bumi. Kita sebagai manusia, satu-satunya makhluk hidup yang punya akal sehat, mesti banget nih bantu selamatkan bumi. Kita harus mulai dari merawat dan menjaga bumi biar lebih baik lagi Kawan ENS!

Nggak perlu pake metode yang ribet-ribet kok! Ternyata kita bisa selamatkan bumi dengan ke-5 hal sederhana berikut ini lho!

 

1. Buang Sampah Pada Tempatnya

Ini salah satu hal sederhana yang bisa kamu lakuin nih Kawan ENS! Sederhana banget kan? Coba deh mulai biasain buang sampah pada tempatnya.

Misalnya kamu lagi di luar dan nggak nemuin tempat sampah sama sekali, kamu bisa simpen sampah kamu dengan rapih di kantong kamu atau di tas kamu, kalau kamu udah nemu tempat sampah baru deh kamu buang, hehehe.

Cara sederhana ini bisa menyelamatkan bumi kita dari kerusakan lho!

 

2. Bawa Bekel dari Rumah

“Aduh ngapain sih bawa bekel kayak anak kecil” hayo siapa yang masih mikir kayak gitu? Jangan ngaku cinta sama bumi kalau kamu masih mikir kayak gitu Kawan ENS!

Dengan kamu bawa bekel, kamu nggak bakalan terlihat kayak anak kecil kok… malah sebaliknya, orang-orang bakalan mengapresiasi kamu karena kamu udah membantu mengurangi kerusakan bumi.

 

3. Hemat Air

Kamu tipe orang yang mandi lebih dari 1 jam? Hayo mulai sekarang kurangi pemakaian air yang berlebihan yuk! Menghemat air juga bisa dilakuin dengan memantau penggunaan air, mematikan keran kalau bak atau ember kamu udah penuh, memperbaiki spot-spot kebocoran air. Selain bisa menyelamatkan bumi, hal ini juga bisa membantu kamu menghemat tagihan listrik lho! Hehehe.

 

4. Hemat Listrik

Biasanya masih banyak yang nggak sayang listrik Kawan ENS! Contohnya kayak nyalain lampu di siang hari saat lagi terang, membiarkan alat elektronik tetap nyala walaupun lagi nggak dipakai.

Yuk buang kebiasaan itu mulai dari sekarang! Kamu bisa mulai selamatkan bumi dengan menghemat pemakaian lampu, mencabut kabel alat-alat elektronik pas lagi nggak dipakai. Lumayan kan tagihan listrik jadi nggak bengkak…

 

5. Kurangi Pemakaian Plastik

Ini nih yang susah banget dilakuin… Orang-orang masih sering banget pakai plastik untuk kebutuhan sehari-harinya.

Padahal, udah sering ditekankan kalau sampah plastik itu butuh waktu yang lama buat terurai. Buat kamu Kawan ENS! kalau kamu cinta sama bumi dan mau ngurangin kerusakan lingkungan, kamu bisa mengganti plastik dengan keranjang atau tas kain… kamu juga bisa mengganti sedotan plastik dengan stainless straw ya!

 

Gimana? Udah siap menyelamatkan bumi? Yuk mulai sekarang lakuin ke-5 hal sederhana tersebut. Semoga membantu ya! 😊

Penulis: Sarah Farhana

Editor  : Dede Nursalam

Related Article