ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

SERING DIABAIKAN, INILAH LANGKAH JITU UNTUK MENGGAPAI MIMPI

Published at 22 Oct 2018 15:26

Bicara soal mimpi biasanya orang langsung teringat dengan cita - cita atau tujuan hidupnya. Dan benar bahwa sebagian besar manusia memiliki setidaknya satu hal yang diimpikan dalam hidup biasanya pencapaian yang baik, namun permasalahan yang kerap terjadi pada generasi milenial ini adalah cara untuk mencapainya.

Padahal, untuk mencapai sesuatu yang baik tentunya sangat diperlukan usaha yang terbaik juga, guys...

Bagaimana sih caranya agar kita bisa melakukan yang terbaik dalam mencapai mimpi - mimpi itu?

 

1. Percayalah bahwa kamu istimewa

Sebelum kamu menyusun strategi untuk memperoleh pencapaian - pencapaian besar dalam hidupmu atau mewujudkan mimpimu, kamu harus terlebih dahulu meyakini dirimu sendiri bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk memiliki mimpi - mimpi itu.

Sebelum kamu push dirimu bertubi - tubi kamu harus membangun kepercayaan diri dulu, guys. Gunanya ketika suatu saat nanti kamu bertemu dengan sedikit kegagalan di tengah jalan, kamu tidak langsung cepat menyerah dan sebaliknya kamu bisa belajar melalui pengalaman itu karena tahu bahwa dirimu adalah orang yang tepat untuk memiliki mimpi - mimpimu.

 

2. Buatlah sebuah strategi yang menyenangkan

Karena di sini tujuanmu adalah mencapai mimpimu sendiri maka sangat dibutuhkan strategi yang menyenangkan untuk dilakukan. Menyenangkan di sini bukan berarti strategimu cenderung main - main ya, tapi kamu harus menciptakan sebuah strategi yang tepat sasaran namun menyesuaikan kapasitasmu sehingga kamu tidak merasa sangat terbeban ketika menjalankan strategimu itu.

Kamu perlu berhati - hati sebab kebanyakan orang gagal mencapai mimpinya karena strategi yang mereka buat sendiri kurang pas dengan kapasitasnya sendiri.

 

3. Nikmati setiap prosesnya

Nah, setelah kamu menyusun strategi yang menyenangkan tadi selanjutnya kamu ditantang untuk menikmati proses untuk mencapai tujuan dari strategi tersebut. Kamu bukan hanya perlu menikmati proses yang mulus - mulus saja, tapi di sini kamu juga harus menerima proses yang bahkan rasanya pahit untuk mencapai sebuah mimpi.

Dari proses ini kamu akan belajar tentang nilai - nilai kehidupan yang niscaya akan berguna ketika kamu sudah menjadi apa yang kamu impikan itu. Karena hasil yang terbaik tergantung pada setiap proses yang berlangsung.

 

4. Jadikan dirimu sebagai poros utama, bukan penilaian negatif orang lain terhadap dirimu

Ketika kamu sudah sampai di fase menjalankan strategimu tadi, akan ada banyak hal yang berusaha mengecoh fokus mu untuk sampai ke tujuan akhir. Dan biasanya yang paling berhasil adalah penilaian negatif orang lain tentang pencapaianmu. Kadang - kadang kamu memang perlu mendengarkan pendapat orang lain, namun untuk mencapai sebuah mimpi yang kamu bangun seorang diri kamu hanya perlu menjadikan dirimu sebagai poros utamanya.

Kamu sebagai pemegang kendali atas strategimu tadi harus segera mengingat step pertama ketika hal seperti ini terjadi. Dan kamu harus selalu ingat bahwa orang - orang yang tidak menyukaimu akan selalu melihat sisi negatif dari diri mu dan tidak pernah melihat pencapaian - pencapaian baik yang berhasil kamu peroleh.

Jadi di tahap ini kamu hanya perlu fokus pada strategi - strategi yang belum kamu lakukan dan kendalikan dirimu sendiri, jangan sampai penilaian negatif orang lain yang mengendalikanmu.

 

5. Setelah berhasil, jangan takut untuk memimpikan yang lebih besar

Fokus yang baik dalam menjalankan strategi akan mengantarkan kamu menuju pencapaian yang baik pula. Nah, setelah kamu mencapai mimpimu itu kamu perlu beristirahat sejenak dan menikmati pencapaianmu. Don't push yourself too hard, guys...

Setelah relaksasi sejenak, kamu dapat memimpikan hal - hal yang lebih besar dari pencapaianmu sebelumnya. Kamu tidak perlu takut pada proses - proses yang sulit sebelumnya, karena kamu berhasil melalui dengan baik sesuai dengan kapasitasmu. Jangan pernah batasi mimpimu, tapi jangan pernah bermimpi kalau kamu sendiri takut atau tidak yakin untuk mewujudkannya.

 

Sumber:

Idntimes

Related Article