ENS Indonesia

Please wait...

Blog

UNCATEGORY

TRIK MENGERJAKAN MATERI READING TBI STAN

Published at 02 Oct 2018 15:01

Berdasarkan polling yang ENS lakukan melalui story di Instagram ENS, 85% memilih bahwa soal TBI merupakan salah satu materi ujian yang dirasa sulit untuk dikerjakan. Hal ini tentu disebabkan oleh bahasa yang tidak familiar, karena kita tidak terbiasa menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi sehari-hari.

Selain itu, materi bahasa inggris ini juga terdiri atas beberapa materi. Salah satu materi paling penting didalam TBI adalah soal reading. Sesuai dengan namanya, soal reading mengharuskan kita untuk membaca teks dan menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang disediakan. Namun, karena terbatasnya waktu, maka kita harus pintar-pintar didalam mengerjakan soal-soal tersebut. Berikut ini tips mengerjakan soal reading agar waktumu tidak terbuang sia-sia

 

1. Baca terlebih dahulu soalnya

Kenapa harus baca soal terlebih dahulu? Karena dengan melihat soalnya, kita bisa langsung mencari poin utama yang diperlukan, sehingga tidak akan membuang-buang waktu dengan membaca keseluruhan teks terlebih dahulu.

 

2. Jangan membaca terlalu lama

Didalam soal teks, seringkali terdapat kalimat atau kata yang sulit. Jika terjadi hal seperti itu, langsung lompati saja kata tersebut dan pindah ke kalimat lainnya. Tidak perlu menerjemahkan seluruh kalimat.

 

3. Temukan kata kunci

Setelah membaca pertanyaan, kita pasti menemukan kata kunci dari pertanyaan yang diajukan, seperti lokasi tempat, nama benda dan semacamnya. Kata kunci ini akan membantu didalam mencari jawaban didalam teks tersebut.

 

4. Scan soalnya

Sama seperti mesin scan, bacalah teks tersebut secara cepat, karena sebelumnya kita telah menentukan kata kunci, maka kegiatan scan ini akan menjadi semakin maksimal dan kita jadi lebih mudah memahami isi dari teks tersebut.

 

5. Jika harus mencari ide pokok

Jika soalnya seperti diatas, maka mau tidak mau kita harus membaca keseluruhan teksnya. Namun tidak perlu khawatir, karena ide pokok biasanya terdapat pada awal atau akhir kalimat.

 

6. Jangan Panik

Jangan panik jika waktu untuk mengerjakan soal hanya tinggal sedikit lagi, baca kembali dengan seksama teks tersebut. Karena semua pertanyaan pasti ada jawabannya di teks. Hindari asal mengisi soal, agar tidak menyebabkan pengurangan nilai yang berakibat fatal.

 

Related Article