ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

5 Tips Kece Ini Bisa Bikin Presentasi Kamu Memukau!

Published at 15 Mar 2019 15:28

Gimana presentasimu besok, sudah siap atau masih grogi? Ya,  di bangku SMP, SMA dan kuliah, presentasi sering dijadikan bahan penilaian, bedanya kalau SMP dan SMA masih presentasi bareng kelompok kamu, kalau di bangku kuliah terkadang kamu dituntut untuk presentasi sendiri, termasuk saat ujian skripsi.

Mahasiswa yang dijuluki sebagai agen perubahan harus mempunyai kemampuan public speaking yang ciamik. Agar gagasan dan ide-ide cemerlangnya dapat tersampaikan ke masyarakat luas.

Presentasi merupakan salah satu cara menguji kemampuan public speaking, melatih kepercayaan diri tampil di depan orang lain, dan bagaimana caranya topik yang disampaikan dapat mereka tangkap dengan baik.

Nah ngomong-ngomong soal presentasi, 5 tips kece berikut ini bakal kasih jawaban agar presentasimu memukau, simak yuk!

 

1. Cobalah Tegas, Tapi Jangan Lupa Senyum

Untuk menghilangkan rasa grogi sebelum memulai presentasi, coba pasang sikap tegas tapi tetap terkesan ramah. Berdiri atau duduk dengan badan yang tegak, hindari kepala menunduk.

Mulailah menatap sekeliling ruangan dan tersenyum pada orang lain yang ada di sana untuk mencairkan suasana. Sesekali kamu bisa membuka catatan keyword-mu untuk mematangkan lagi materi yang sudah kamu buat atau mencari kalimat pembuka yang friendly agar nggak kaku.

 

2. Jangan Lupa Sapa, untuk Meredakan Grogi

Rasa grogi pasti makin bertambah begitu namamu sudah mendekati waktu presentasi. Biar lebih santai, edarkan pandanganmu ke sekeliling ruangan untuk menyapa teman-temanmu yang juga sedang menunggu giliran presentasi.

Jangan ragu menatap mata mereka sambil melempar senyuman. Ini salah satu cara jitu untuk membangun kepercayaan diri sejak awal. Membicarakan beberapa pembahasan juga bisa kamu lakukan dengan teman di sampingmu, tapi jangan terlalu banyak ya, nanti malah diomelin dosen kalau kamu nggak mendengarkan teman mu yang sedang presentasi.

 

3. Buat Pembukaan yang Menarik

Saat memulai presentasi, buatlah pembukaan yang menarik. Kesan pertama itu penting banget, kamu harus bisa mengambil hati audiens dari awal. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Mulai dari melempar pertanyaan sampai menampilkan video yang berkaitan dengan topik utama. Sudah bukan zamannya lho membuka presentasi dengan kaku. Setelah salam pembuka sebaiknya langsung masuk ke topik utama.

 

4. Minimalisir Melihat Teks atau Layar

Untuk menjaga mood audiens sepanjang pemaparanmu, minimalisir melihat ke layar atau teks. Hal ini membuatmu nampak kurang menguasai materi. Biasanya melihat layar atau teks juga dilakukan saat presenter mulai merasa grogi.

Kalau kamu tiba-tiba merasa grogi di tengah presentasi, lebih baik buang pandangan sebentar ke titik kosong atau buat gerakan tangan. Cara ini lebih efektif ketimbang melihat teks.

 

5. Gunakan Kalimat Formal, Namun Tetap Santai

Presentasi itu nggak cuma sekadar ngomong di depan audiens. Caramu membawakan topik yang menentukan apakah materi benar-benar tersampaikan atau hanya sekadar lewat. Perhatikan juga intonasi bicaramu, harus ada iramanya biar menarik. Kasih ‘nyawa’ buat presentasimu, nggak cuma lewat ekspresi wajah dan gerakan tangan.

Selain itu, kamu juga perlu menggunakan gaya bicara yang santai namun tetap formal untuk menjaga ketertarikan audiens. Beri sedikit gimmick pertanyaan atau contoh kasus lucu agar presentasi kamu menarik. Intinya, walaupun presentasinya bersifat resmi, nggak ada larangan kok untuk sesekali menyelipkan kalimat nggak baku.

Baca juga: 8 Hal Ini Nggak akan Kamu Lakukan, Kalau Kamu Punya Rasa Percaya Diri!

 

Nah itu dia 5 Tips kece yang bisa kamu terapkan pada presentasimu besok, jangan lupa latihan di depan kaca ya, latihan di depan kaca melatih omonganmu agar nggak belibet saat presentasi lho! Selamat mencoba!

 

Penulis : Dewi Shinta N

Editor: Sarah Farhana

Related Article