ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

8 Hal Ini Nggak akan Kamu Lakukan, Kalau Kamu Punya Rasa Percaya Diri!

Published at 12 Jan 2019 15:00

Orang yang nggak takut terhadap apapun dan siapapun, biasanya dikalim sebagai orang yang percaya diri. Mengaku percaya diri di segala situasi memang mudah, padahal rasa percaya diri nggak sekedar berani atau pun bisa tegas.

Nah, menurut kamu percaya diri itu apa sih?

Menurut ahli bernama Anthony Robbins, percaya diri adalah sikap pada diri seseorang yang dapat/bisa menerima kenyataan, mengembangkan kesadaran diri, berpikir positif, memiliki kemandirian dan mempunyai kemampuan untuk memiliki segala sesuatu yang diinginkan.

Dari definisi percaya diri di atas, menurutmu, kamu termasuk orang yang memiliki kepercayaan diri atau nggak? Yaps! Kalau menurutmu, kamu memang punya rasa percaya diri, kamu nggak akan melakukan hal-hal ini!

 

1. Suka Menilai Orang Lain

(image:islamidia.com)

Gosip bukan hal yang disukai oleh orang yang memiliki kepecayaan diri, menghabiskan waktu untuk ngomongin orang lain, misalnya ngomongin teman atau artis sekalipun bukan kebiasaan orang yang memiliki kepercayaan diri. Orang yang percaya diri, sudah cukup puas dengan diri sendiri dan berpikir kalau sibuk menilai orang lain hanya buang-buang waktu.

 

2. Suka Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

(image:wikiHow)

Orang yang percaya diri, sadar kalau hidup bukan untuk bersaing dengan orang lain. Bukan karena nggak mau berusaha untuk menjadi lebih baik tapi orang yang percaya diri nggak suka membuat perbandingan diri sendiri dengan orang lain. Ya, karena setiap orang punya cerita dan keunikan masing-masing, jadi ngapain juga dibanding-bandingin, iya kan?

 

3. Menghindari Konflik

(image:Qerja)

Orang yang percaya diri tahu kalau masalah yang nggak segera diselesaikan bisa semakin buruk dari hari ke hari. jadi, daripada makin nggak selesai masalahnya, orang yang percaya diri akan coba mengatasi konfliknya. Lebih baik ribut/berdebat sedikit dengan teman tapi masalahnya selesai, daripada perang dingin karena saling nggak enakan.

 

4. Gampang nyerah

(image:Chez Putranto - WordPress.com)

Kegagalan adalah proses yang nggak bisa kamu hindari untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Kalau gagal, orang yang percaya diri akan mencari tahu apa yang menjadi sebab kegagalannya dan bisa menarik pelajaran dari sana. Kamu nggak akan pernah denger cerita “orang percaya diri takut dengan kegagalan”.

 

5. Berusaha Menyenangkan Semua Orang

(image:Hipwee)

Orang yang percaya diri nggak akan repot-repot menyenangkan hati semua orang, karena tahu nggak semua orang bisa nyambung dengan dirinya. Daripada fokus menyenangkan semua orang, lebih baik fokus menjaga dengan baik hubungan yang sudah terjalin.

 

6. Nggak Mau Keluar dari Comfort Zone

(image:beritamediaterbaru.blogspot.com)

Orang yang memiliki kepercayaan diri nggak takut sama tantangan. Malah menganggapnya sebagai loncatan untuk menggapai mimpi. Terus menerus berada di compert zone, hanya akan membuat merasa stuck.

 

7. Selalu Khawatir dengan Apa Kata Orang

(image:ThoughtCo)

Orang yang percaya diri nggak pernah khawatir dengan apa pendapat orang lain mengenai dirinya. Bukan berarti nggak mau mendengarkan, tapi orang yang memiliki kepercayaan diri bisa membedakan mana omongan yang positif dan negatif. Mana yang bisa diambil sebagai saran dan mana yang nggak perlu diambil pusing.

 

8. Suka Cari-cari Alasan

(image:jawaban.com)

Orang yang percaya diri sadar betul dengan pikiran dan perbuatannya. Dan nggak akan nyalahin orang lain, atau hal lain untuk kesalahan diri sendiri. Misalkan, alasan telat karena macet nggak akan diungkapkan kalau memang bangun kesiangan.

 

Masih melakukan hal-hal yang disebutkan diatas? Berarti kamu belum mempunyai rasa percaya diri.

 

Penulis: Anggun Widaningsih
Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article