ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Bosen Belajar Cara Lama? 5 Cara Ini Bikin Belajarmu Excited Terus

Published at 22 Oct 2018 15:45

Kamu suka ngerasa bosen nggak sih sama cara belajar kamu? Belajar cuman di kamar, terus lama-lama itu jadi hal yang membosankan buat kamu. Hasilnya, kamu jadi males banget buat belajar.

Duhh, jangan sampe kaya gitu ya. Gimana pun belajar itu penting, kalau kamu bosen sama cara belajar kamu yang gitu gitu aja, kamu mesti coba nih hal-hal ini biar kamu ngerasa excited terus buat belajar. Apa aja? Yuk simak!

 

1. Manfaatkan Teknologi dan Internet

Manfaatkan akses internet yang kamu punya buat cari tau tentang materi pelajaran yang kamu nggak ngerti di sekolah. Kamu bisa review lagi dengan cari pembahasannya di internet.

Bisa lewat youtube, dengan melihat dan mendengar kamu bisa lebih cepet paham materi pelajaran dan didownload videonya supaya kamu bisa putar bekali-kali jadi bikin lebih hemat kuota.

Internet itu bukan cuman soal hiburan aja, coba belajar gunakan internet dengan bijak, biar ada faedahnya buat diri kamu.

 

2. Kreatif saat Membaca Buku

Pasti kamu males kalau di suruh baca buku cetak atau buku paket kamu, udah tebel banget bukunya, banyak rumus-rumus semua baru, lihat aja udah bikin pusing.

Buat mengatasi itu kamu bisa menandai pokok pokok bahasan yang penting dalam buku itu dengan menggunakan stabilo berwarna, atau dikasih garis bawah pake spidol warna-warni.

Jadi, pas kamu mau review lagi pelajaran dalam buku itu kamu tinggal baca yang udah kamu kasih tanda.

 

3. Membuat MindMap atau Peta Konsep

Para ahli sepakat kalau mindmap bisa meningkatkan daya ingat dan meningkatkan kreatifitas. Mindmap ini dipelopori oleh Tony Buzan.

Menggunakan mindmap juga dapat menyingkat catatan dengan lebih efektif sehingga lebih mudah memahami materi yang udah kamu pelajari.

MindMap juga bisa bikin kamu berkreasi dengan menggambar mindmap untuk jenis materi apapun. Kamu bisa menggunakan warna sesuka kamu. Selain itu, maindmap juga bisa bikin ingtan kamu jadi lebih kuat, belajar dan menghafal juga jadi lebih menyenagkan nggak ngebosenin.

 

4. Cari Tempat Belajar yang Kece

Kalau kamu bosen belajar di rumah karena suasannya gitu gitu aja, kamu bisa coba sesekali belajar di cafe atau coffee shop.

Cari tempat yang suasananya lumayan tenang, banyak kok sekarang cafe atau coffee shop yang menghadirkan suasana yang tenang dengan diringi alunan musik klasik. Ini bisa banget jadi alternatif kamu buat yang bosen sama suasana belajar yang gitu gitu aja.

 

5. Belajar di Alam Terbuka

Kamu bisa belajar di taman dekat rumah atau di taman kota terus ajak satu atau dua teman kamu buat belajar bareng di sana, tapi kalau kamu mau sendirian juga nggak apa-apa.

Ini bisa jadi pilihan alternatif buat kamu yang pengen belajar di luar rumah tapi lagi nggak ada budget buat ke cafe atau coffee shop.

 

Nah, itu 5 pilihan cara belajar yang bisa kamu coba. Patut kamu coba supaya dapetin pengalaman baru, karena selain menyenangkan juga bikin kamu semangat terus buat belajar.

 

Penulis: Anggun Widaningsih

Editor: Dwi Andika Pratama

 

Related Article