ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Inilah 6 Kiat Praktis Belajar sebelum menghadapi Ujian Nasional

Published at 20 Mar 2019 16:24

Halo kawan ENS, Ujian Nasional udah deket nih. Bukan waktunya lagi untuk hura-hura sama teman-teman, yang jadi prioritas kamu sekarang adalah belajar, belajar dan belajar….

Kamu bisa juga pelajari materi-materi pelajaran yang udah dipelajari oleh saat kelas 10..

Ingat ya… kamu harus memahami pelajaran bukan menghafalnya. Karena percuma aja kamu menghafal tapi kamu nggak paham sama isi materinya.

Tapi bukan itu sih permasalahannya. Masalahnya adalah, udah sejauh mana kamu mempersiapkan diri kamu dalam menghadapi Ujian Nasional?

Sudah matang? Atau belum nyicil belajar sama sekali? Bingung harus mulai dari mana?

Coba kamu simak ke-6 kiat belajar berikut ini deh!

1. Perbanyak Membaca Buku

Sebelum Ujian Nasional, kamu harus sering-sering membaca buku nih. Kamu bisa membaca ulang materi-materi yang sudah pernah dipelajari di kelas.

“pusing kak, banyak banget” kalau terlalu banyak, kamu bisa meng-highlight materi-materi yang menurut kamu penting untuk dipelajari. Kamu bisa meng-highlight materi dengan cara digarisbawahi atau bisa juga menggunakan stabilo berwarna. Selain meminimalisir makan waktu, kamu juga akan lebih mudah untuk mempelajarinya.

 

2. Membahas Kisi-kisi Ujian Nasional

Berhubung waktu Ujian Nasional sebentar lagi, dan kamu nggak punya waktu cukup untuk belajar seluruh materi. Rasanya nggak akan efektif kalau kamu nggak langsung fokus ke inti permasalahannya.

Kamu bisa mengupas tuntas akar permasalahan dengan membahas kisi-kisi soal Ujian Nasional. Biasanya kisi-kisi soal akan diberikan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan dari jauh-jauh hari. Jadi kamu nggak akan buta-buta banget, dan nggak harus ngorek-ngorek materi lama lagi deh.

 

3. Latihan Soal-soal Ujian Nasional Tahun Lalu

Kamu tau ‘kan kalau “Learning by Doing” itu kadang bikin belajar lebih ampuh? Kamu bisa terapkan cara ini untuk membantu kamu dalam persiapan Ujian Nasional nih..

Coba deh kamu kerjain soal-soal Ujian Nasional dari tahun-tahun sebelumnya. Kalau kamu memperbanyak latihan soal, kamu akan tau dimana titik kelemahan kamu. Sehingga kamu jadi tau deh gimana cara mengatasi kelemahan kamu itu.

Selain itu, kalau kamu sering latihan soal kamu akan terbiasa mengerjakan soal-soal Ujian Nasional. Kamu nggak akan kaget saat hari Ujian Nasional datang. Jadikan latihan soal sebagai makanan sehari-hari kamu ya…

 

4. Belajar Kelompok

Memang nggak semua orang ampuh dengan belajar kelompok. Tapi sebenarnya, belajar kelompok nggak buruk-buruk banget kok. Kamu bisa dapat ilmu pengetahuan yang kamu belum tau dari teman-teman kamu.

Selain mendapat ilmu, kamu juga bisa membagi ilmu kepada mereka juga. Saling berbagi itu indah lho…

Tapi kalau tujuan awalnya belajar, jangan tiba-tiba pindah haluan menjadi nongkrong ya!

 

5. Membuat Ringkasan

Pernah nggak sih kamu malas belajar karena saking banyaknya materi? Kamu bisa coba cara yang satu ini nih. Ya! Meringkas.

Pasti meringkas udah nggak asing lagi di telinga kamu. Karena waktu pelajaran Bahasa Indonesia hampir setiap hari dikasih tugas meringkas. Hehehe. Membuat ringkasan sebelum belajar terkenal ampuh lho! Karena dapat membantu kamu dalam memahami isi buku dan menghemat waktu belajar.

 

6. Belajar dari Jauh-jauh Hari

Nah, ini nih yang penting. Kamu harus belajar dari jauh-jauh hari. Agar kamu dapat menguasai materi dengan baik.

Hindari SKS ya… alias (Sistem Kebut Semalam), karena cuma nguras tenaga kamu aja sedangkan materi yang dipelajari belum tentu masuk semuanya ke otak. Kalau kamu menguasai materi dengan baik, kamu pasti dapat mengerjakan Ujian Nasional dengan lancar deh.

Baca juga: 5 Hal ini Bantu Menghindari Sakit Menjelang Ujian Nasional

 

Itulah 6 kiat belajar yang bisa kamu terapkan menjelang Ujian Nasional. Semoga tips tersebut dapat membantu kamu. Jangan lupa belajar ya, goodluck!

 

Penulis: Sarah Farhana

Editor: Dede Nursalam

Related Article