ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

5 Hal ini Bantu Menghindari Sakit Menjelang Ujian Nasional

Published at 28 Dec 2018 12:55

Kamu pernah tiba-tiba sakit saat hari pertama ujian? Yuk mulai dari sekarang mulai dijaga kesehatannya, apalagi sebentar lagi ujian nasional. Kamu boleh saja giat ke tempat bimbel, belajar di rumah teman, bahkan ke perpustakaan nasional, sampai tengah malam, no.. no.. jangan karena mendekati hari H, kamu memforsir energi kamu seminggu sebelumnya, ya pantas aja kamu jadi nge-drop pas ujian.

Padahal sebelumnya, ibumu sudah mengingatkan untuk jaga kesehatan, tapi kamu masih saja kekeuh keluyuran. So, buat kamu, jangan sekali-sekali meremehkan arti dari nasihat “jaga kesehatan” ya!

Percaya deh nggak enak banget kalau saat mengerjakan soal ujian sambil merasakan pusing, batuk, apalagi sampai flu, aduh jangan deh. Makanya, agar badan kamu tetap fit saat ujian, lakukan 5 hal ini yuk!

 

1. Atur Pola Tidur Dari Satu Minggu Sebelum Ujian

(image:wikihow.com)

Peserta ujian biasanya punya kebiasaan belajar mati-matian sebelum ujian, bahkan sampai begadang. Dampaknya jadi kurang istirahat dan terlalu memforsir tubuh habis-habisan, akhirnya malah nge-drop pas H-1 ujian deh.

Kalau kamu kurang tidur menjelang ujian, itu akan sangat mereduksi kemampuan otak kamu untuk berpikir jernih, menyelesaikan masalah, dan berkonsentrasi penuh. Mulai sekarang atur pola tidur kamu minimal seminggu sebelum ujian ya. Jangan tidur lebih dari jam 10 malam, agar waktu tidur mu terpenuhi hingga 8 jam.

Baca juga: Ternyata Ada 5 Manfaat Tidur untuk Kebaikan Kinerja Otak-mu

 

2. Makan Yang Teratur Dan Minum Multivitamin

(image:hellosehat.com)

Seminggu menjelang ujian, atur kadar gizi dalam tubuh kamu supaya tubuh dan otak kamu menerima nutrisi yang baik sebelum maju ke medan tempur. Jangan jajan sembarangan yang berpotensi bikin kamu diare, radang tenggorokan, bahkan sampai tifus. Kalau perlu, nggak ada salahnya kamu minum multivitamin setiap hari supaya daya tahan tubuh kamu meningkat terhadap bakteri dan virus.

 

3. Jangan Pulang Larut Malam

(image:hellosehat.com)

Jika kelas bimbelmu sudah selesai jam 7 malam, usahakan langsung pulang ya. Kalau bisa sebaiknya kamu pulang sebelum maghrib. Karena ternyata angin malam itu bikin penyakit lho. Ya di dalam biological tumbuhan mengeluarkan CO2 di malam hari. Dan logikanya, CO2 itu nggak baik untuk tubuh kita, jadi jangan pulang malam ya. Masa iya H-1 ujian kamu harus kerokan dulu sama ibu kamu, aduh jangan deh.

 

4. Jangan Melakukan Kegiatan Olahraga Berlebihan Yang Berpotensi Cedera

(image:alodokter.com)

Satu minggu sebelum ujian, hindari dulu segala macam kegiatan yang berpotensi menyebabkan kamu cedera fisik. Tunda dulu main futsal, basket, dance, karate, outdoor adventure, dan sejenisnya. Kamu bisa lakukan hal itu sepuasnya setelah kamu lulus ujian. Nggak lucu kalau nanti kamu ujian dalam kondisi tangan digips karena keseleo ketika olahraga.

 

5. Minum Air Putih 8 Gelas/Hari, Jangan Kopi!

(image:situsehat.com)

Agar tubuhmu tetap fit upayakan minum 8 gelas/hari. Selain minum air dapat mengembalikan ion tubuh, minum air putih juga menambah konsentrasimu lho. Hindari makanan, minuman, atau obat yang berpotensi mengganggu pola tidur kamu seperti kopi, rokok, obat tidur, minuman berenergi berkadar kafein tinggi, dan sejenisnya.

Kalaupun kamu mau mengkonsumsi minuman seperti itu, pastikan bahwa itu bertujuan untuk mengembalikan waktu tidur kamu yang nggak benar jadi benar lagi. Jangan sampai kejadian sebaliknya, pola tidur kamu udah benar, eh, malah dirusak sama kopi jadi nggak bisa tidur deh, sampai pagi. Aduh jangan ya!

 

Kamu bisa ikuti saran dari 5 hal ini. Jaga kesehatan ya! Karena kalau sudah sakit bukan hanya dirimu yang kerepotan, tapi mulai dari ibumu, gurumu, hingga sahabat terdekat kamu. Ujian nasional semakin dekat, itu artinya semakin juga pendaftaran seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) PKN STAN maupun sekolah kedinasan lainnya.

Masih ada masa persiapan untuk ikut bimbel online persiapan masuk PKN STAN! Cek di sini untuk dapetin diskon 70%!

 

Penulis: Dewi Shinta N
Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article