4 Alasan Begadang Nggak Baik Kalau Kamu Sering Lakukan  

09 Jan 2019

Tidur merupakan keadaan di mana kamu mengistirahatkan badan dan pikiran setelah seharian bekerja atau melakukan berbagai aktivitas yang melelahkan. Kalau kamu sudah merasa ngantuk, tandanya tubuh kamu perlu istirahat alias tidur.

Durasi tidur antara anak-anak, remaja, dan orang dewasa pada umumnya adalah berbeda. Biasanya, pada masa anak-anak, kamu membutuhkan waktu sekitar 8 hingga 10 jam untuk istirahat.

Namun, semakin kamu beranjak dewasa dan semakin banyak tanggung jawab yang harus kamu lakukan, durasi untuk istirahat tersebut semakin sedikit. Apalagi, semakin bertambahnya usia, begadang merupakan hal yang sudah nggak asing lagi di telinga kamu.

Kebiasaan begadang juga sebenarnya nggak terlepas dari tugas-tugas yang harus diselesaikan olehmu. Kamu tidur larut malam padahal besok kamu memiliki agenda yang juga harus dilaksanakan pagi-pagi. tapi kalau kamu keseringan begadang malah nggak baik.

 

1. Nggak Baik untuk Kesehatan

Tuhan memberi kita waktu dalam sehari sebanyak 24 jam, tetapi itu harus digunakan sesuai dengan porsinya ya. Ada waktu untuk kamu bekerja, beribadah, dan juga istirahat.

So, kamu jangan terlalu memporsir tubuh kamu untuk terus bekerja ya. Kasihan tubuh kamu karena ia juga perlu waktu untuk istirahat untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran sehingga lebih bersemangat nantinya.

Kamu bisa bijak dengan cara nggak selalu begadang karena begadang bisa membuat kesehatan kamu lebih lemah. Kalau sudah waktunya untuk istirahat, istirahatlah.

Kamu nggak mau kan kalau jatuh sakit? Apalagi, kalau kamu keseringan begadang, kantung mata kamu akan menghitam, kamu juga terlihat pucat, wajah nggak segar, dan sebagainya. Jadi, jangan sering-sering begadang, ya!

 

2. Kamu Cepat Lelah di Pagi Hari

Nah, karena kamu tidurnya sudah larut malam, otomatis kamu punya sedikit waktu untuk istirahat alias tidur. Baru saja kamu memejamkan mata, tiba-tiba alarm kamu sudah berbunyi dan matahari sudah terbit di ufuk timur.

Kamu kemudian harus segera bangun dan bergegas melanjutkan aktivitas lagi. Biasanya, hal tersebut membuat kamu merasa cepat lelah di pagi harinya karena istirahat kamu pada malam hari nggak maskimal sehingga kamu pun nggak bisa maksimal untuk mengerjakan segala tugas kamu.

 

3. Sulit Berkonsentrasi

Alasan kenapa begadang nggak baik apabila sering kamu lakukan ialah karena dapat membuat kamu untuk sulit berkonsentrasi. Kamu semakin sulit fokus untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan kamu karena kamu masih mengantuk.

Ditambah lagi, kamu masih merasa pusing karena waktu istirahat yang sebentar.

 

Selain itu, kamu juga sulit untuk memahami dan menerima berbagai informasi sebab tubuh kamu belum siap untuk menerimanya. Makanya, nggak jarang di antara kamu yang meskipun benar-benar menyimak apa yang disampaikan orang lain, tetap saja kamu nggak sepenuhnya menerima informasi yang utuh.

Bahkan, nggak jarang kamu pun bertanya dengan diri kamu sendiri “Apa sih yang baru aja di jelasin?”.

 

4. Suasana Hati Mudah Berubah

Buat kamu yang sering begadang, ternyata begadang bisa membuat suasana hati kamu mudah berubah lho. Istirahat yang nggak cukup dan sudah harus menjalankan kewajiban serta aktivitas lagi, biasanya membuat kamu mudah merasa lelah, marah, nggak ingin diganggu, mudah tersinggung, dan sebagainya.

 

Tak jarang, orang-orang yang di sekitar kamu menjadi sasaran dari perubahan suasana hati kamu yang berubah-ubah tersebut, padahal bisa saja mereka nggak ada salah apa-apa sama kamu lho. Makanya, kamu harus pintar-pintar menjaga suasana hati kamu dengan nggak sering begadang ya.

 

Setelah kamu tahu 4 alasan bahwa ternyata begadang itu nggak selamanya menguntungkan untuk kamu, apa sekarang kamu masih ingin terus begadang? Duh jangan sering-sering begadang ya. Kalau kamu sayang sama diri kamu, maka kamu harus tetap menjaga kondisi dan kesehatan badan kamu agar selalu dalam keadaan yang baik.

 

Penulis: Najmi Laily Barus
Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019