ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Melanjutkan Pendidikan Setelah SMA!

Published at 15 Feb 2019 16:32

Buat kamu yang sekarang kelas 12, nggak kerasa ya sedikit lagi kamu akan melaksanakan ujian akhir. Sisa-sisa waktu di masa putih abu-abu ini harus kamu manfaatkan dengan belajar semaksimal mungkin ya!

Di masa seperti ini, pasti kamu merasa galau untuk menentukan pilihan kamu selanjutnya, iya ‘kan?

Meskipun begitu, melanjutkan pendidikan rasanya jadi hal yang tepat untuk kamu pilih setelah lulus SMA. Apa saja sih alasannya? Nah simak ke-5 poin di bawah ini ya!

 

1. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan

Sewaktu di SMA, kamu pasti mendapatkan banyak pengetahuan meski masih umum. Akan tetapi, ketika kamu memutuskan untuk kuliah, pengetahuan dan wawasan yang kamu dapatkan di bangku sekolah itu akan semakin diasah dan berkembang.

Berbagai pengetahuan yang belum kamu dapatkan di bangku sekolah akan kamu terima secara lebih mendalam dan lebih luas ketika kamu kuliah nanti.

Jadi, benar-benar menguntungkan kamu banget deh dari segi informasi!

 

2. Pola pikir menjadi lebih dewasa

Seiring bertambahnya usia dan beranjaknya waktu, kamu tumbuh menjadi sosok yang dewasa.

Kuliah membuat pola pikir kamu menjadi lebih dewasa dalam memandang berbagai hal lho! Sudut pandang kamu dalam menilai sesuatu juga semakin lama semakin luas dan berkembang.

Dalam menilai, kamu nggak hanya melihat dari satu sisi, melainkan juga dari berbagai aspek. Kamu dilatih untuk bisa menghadapi masalah, menemukan solusi, dan menyelesaikan masalah dengan bijak tentunya.

Nah, kalau kamu sudah dapat melakukan hal tersebut berarti, selamat! kamu sudah dianggap dewasa untuk diri kamu, hehehe.

 

3. Mengenal banyak keanekaragaman

Mungkin sewaktu di SMA lingkungan pertemananmu hanya di sekitar rumahmu saja, tetapi hal tersebut nggak berlaku jika kamu sudah kuliah nanti.

Kamu akan bertemu dan punya banyak kenalan dari berbagai kota maupun daerah yang tersebar dari seluruh wilayah di Indonesia. Kamu akan memiliki teman-teman yang beragam, mulai dari tempat tinggalnya, budayanya, dan sebagainya. Tentunya, keanekaragaman tersebut bisa membuat kamu saling menghargai dan menghormati satu sama lain lho!

Jadi, kamu pasti nggak akan bosan dong! karena teman kamu bukan itu lagi-itu lagi, hehehe. Ditambah, kalau misalnya kamu ingin liburan ke luar kota, kamu bisa nih main-main ke kota tempat tinggal teman kamu itu. Lumayan kan bisa ikut liburan ke kampung halaman teman sekaligus ada tour guide-nya, hehehe.

 

4. Punya banyak relasi

Siapa sih yang nggak mau punya banyak relasi? Satu lagi yang bisa kamu dapatkan ketika melanjutkan pendidikan setelah SMA adalah punya banyak relasi.

Kamu akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki persamaan maupun perbedaan dengan diri kamu, baik dari segi latar belakang, pengalaman, cita-cita, dan sebagainya.

Hal itu semakin membuat kamu membangun relasi yang kamu punya. Kamu akan saling belajar, saling mendukung, bertukar pikiran serta pandangan kamu dengan teman-teman kamu tersebut. Apalagi, relasi yang kamu punya ini bisa menjadi salah satu support system kamu dalam menggapai mimpi-mimpi kamu.

 

5. Tuntutan dunia kerja dan cita-cita

Di zaman sekarang banyak lowongan pekerjaan yang mencantumkan standar minimal ijazah bagi para pelamarnya. Jadi, mau nggak mau kamu harus sadar bahwa melanjutkan pendidikan setelah SMA adalah suatu kebutuhan untuk kelanjutan hidup kamu.

Apalagi, buat kamu yang punya cita-cita menjadi seorang perawat, dokter, guru, akuntan, pengacara, maupun yang lainnya, sangat wajib untuk kuliah setelah lulus SMA, iya ‘kan? Ibaratnya, pendidikan itu jadi jembatan buat kamu menggapai cita-cita, hehehe.

Sudah bukan rahasia lagi kalau semakin tinggi tingkat pendidikan, maka akan semakin banyak peluang yang bisa kamu dapatkan dalam memperoleh pekerjaan.

 

Bagaimana menurutmu? semoga sekarang kamu nggak galau lagi ya setelah lulus SMA, hehehe. Melanjutkan pendidikan setelah SMA alias kuliah adalah hal yang bisa kamu pilih setelah lulus nanti. Kuliah adalah tempat di mana kamu berproses menuju ke hal yang lebih baik dari sebelumnya.

Jadi, sekarang semangat belajar untuk melanjutkan kuliah ya!

 

Penulis: Najmi Laily Barus

Editor: Sarah Farhana

Related Article