Blog

ENS INFO

4 Alasan ini yang bikin Plagiarisme merugikan Hidup Kamu

Published at 27 Mar 2019 15:44

Jaman sekarang, kegiatan plagiarisme itu udah sering banget dilakuin sama orang-orang, khususnya mahasiswa. Mereka udah nganggep plagiarisme itu hal yang biasa aja, ya nggak sih?

Padahal ya… kalau kamu melakukan plagiat  karya orang lain, kamu akan merugikan orang tersebut. Bahkan, nggak cuma orang itu aja sih yang rugi, tapi diri kamu juga…


Mau tau apa aja alasannya? Simak ke-4 alasan ini yuk…

1. Kamu Nggak Bener-bener Bahagia

Kenapa? Walaupun kamu mendapat pujian dari orang lain, mendapat nilai yang bagus, dan mendapat penghargaan, kamu nggak bener-bener ngedapetin itu. Karena semua yang kamu dapetin itu dari hasil menjiplak karya orang lain, dan kamu tau itu.

Coba bayangin kalau kamu mendapat pujian dari orang lain tapi dari hasil ngejiplak, apa kamu bener-bener bahagia dipuji?

 

2. Semakin Dibiasain, Semakin Malas Mikir

Jangan pernah ngebiasain diri kamu untuk menjadi seorang plagiat yaaa… dan jangan pernah coba-coba. Kalau kamu udah nyoba jadi plagiat sekali, kamu akan ketagihan. Ketagihan makanan nggak apa-apa tapi jangan ketagihan ngejiplak ya… bahaya, kamu bakalan jadi malas mikir deh.

 

3. Di-judge Sebagai Seorang Plagiat

Siapa sih yang mau dikasih label seorang plagiat? Nggak mau ‘kan? Tapi kalau kamu sukanya copypaste karya orang setiap saat, orang-orang pasti akan ngecap kamu kayak gitu…

Kalau udah kayak gitu, pasti orang pengennya jauh-jauh dari kamu, karena takut kalau karyanya bakal dijiplak juga. Rugi banget ‘kan?

 

4. Akan Ada Hukuman Buat Kamu

Kalau orang-orang yang kamu jiplak nggak terima, ada kemungkinan orang tersebut bakalan ngaduin kamu ke pihak yang berwajib.

Untung-untung kalau kamu nggak ketauan bersalah, tapi kalau kamu terbukti salah? Kamu akan dibawa ke ranah hukum… kamu juga bakalan dapat hukuman yang setimpal, bisa kurungan penjara, atau membayar denda. Jangan sampe deh…

 

So, gimana? Kamu masih mau jadi orang yang plagiat? Mending jauh-jauh deh… Kalau bisa, hapus kebiasaan plagiat itu mulai dari sekarang, kamu juga harus belajar menghargai karya orang lain ya! Nggak mau ‘kan kalau karya kamu dijiplak dan diakuisisi orang lain? Hehehe.

 

Penulis: Sarah Farhana

Editor: Dede Nursalam

Related Article