Blog

ENS INFO

4 Alasan Mencintai Diri Sendiri yang Membawa Dampak Besar untuk Masa Depan!  

Published at 07 Jan 2019 15:40

Beberapa orang berpikir kalau mencintai diri sendiri merupakan sikap yang sedikit egois. Nyatanya anggapan itu nggak bener, mencintai diri sendiri artinya kamu bisa menerima diri kamu apa adanya, menerima segala kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki.

Simpelnya, me time alias waktu untuk diri sendiri, adalah waktu luang yang wajib kamu luangkan untuk fokus melakukan apa yang kamu suka. Apa hubungannya me time dengan mencintai diri sendiri?

Me time adalah bentuk paling gampang untuk mencintai diri sendiri. Kalau kamu sudah bisa mencintai diri sendiri, apapun yang kamu lakukan akan jadi lebih berarti dan pada akhirnya bisa membawa dampak yang besar serta bermanfaat.

Memangnya apa aja sih manfaat yang bisa didapatkan kalau bisa lebih mencintai diri sendiri?

 

1. Kamu Akan Lebih Mengenal Diri Sendiri

(image:fai.um-surabaya.ac.id)

Punya waktu untuk diri sendiri akan memberikan kamu kesempatan untuk berpikir tentang hal yang membuat kamu happy. Kalau kamu terus-menerus bergaul tanpa usaha untuk mengenal diri sendiri, karakter kamu akan mudah terpengaruh, pola pikir kamu akan cenderung sama seperti orang-orang di sekeliling kamu. Bisa dikatakan kalau kamu akan terbawa arus pergaulan, mending kalau pergaulannya baik kalau pergaulannya buruk, gimana tuh?

 

2. Kamu Akan Merasa Lebih Happy

(image:unsplash.com)

Mencintai diri sendiri lewat “me time” akan membuat kamu merasa lebih happy. Menurut psikologi di situs happify, mereka yang mencintai diri sendiri (dalam batas wajar dan bukan mengarah ke narsis) akan merasa bahwa hidup selalu punya sisi menyenangkan. Kamu jadi nggak gampang stres dan nggak pernah merasa apa yang kamu lakukan sia-sia.

 

3. Hubungan Kamu Dengan Orang Lain Akan Lebih Baik

(image:pexels.com)

Kalau kamu bisa mengenali nilai dan prinsip dalam diri kamu, kamu juga akan tahu bagaimana mengenali dan menghargai nilai dan prinsip orang lain. Kamu akan lebih mudah menemukan teman-teman yang satu frekuensi denganmu. Hubungan kamu dengan orang lain pun akhirnya akan lebih baik.

Selain itu, me time bisa mengurangi stres yang berkepanjangan. Ini akan membuat kamu nggak jadi orang yang gampang menyalahkan orang lain, ketika keadaan nggak sesuai dengan keinginan.

 

4. Belajar Menentukan Prioritas dan Jadi Lebih Produktif

(image:pexels.com)

Kamu akan leluasa melakukan banyak hal ketika kamu sudah nyaman dengan diri sendiri. Salah satunya, kalau nggak perlu saling menunggu atau saling mengandalkan teman dalam melakukan sesuatu.

Misalnya, kamu sering nggak sih janjian sama temen kalau mau mengerjakan tugas? tapi ujung-ujungnya malah ngegosip, fokus belajar barengnya jadi bubar gitu aja.

Nah, rasa nyaman terhadap diri sendiri bisa membantu kamu dalam menentukan prioritas dan jadi lebih produktif tanpa mengandalkan orang lain.

Ini bukan berarti kamu nggak boleh belajar bareng teman-temanmu, cuman ini akan membuat kamu tetap semangat belajar meskipun teman-teman kamu lagi nggak available.

 

So, itu 4 manfaat yang akan kamu dapatkan kalau kamu bisa untuk lebih mencintai diri sendiri. Soal me time nya seperti apa, ya, senyamannya kamu aja. Kamu bebas melakukan apapun yang membuat kamu happy, selama itu kegiatan yang positif.

 

Penulis:Anggun Widaningsih
Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article