ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

Tahu nggak sih? 5 Hal ini Bisa Bikin Kamu Tetap Fit Saat Ujian SPMB!

Published at 08 Jul 2019 16:31

Waktu-waktu saat uji an SPMB emang bikin pusing banget, Kawan ENS! Bawaannya tuh stress abis… kamu nggak bakalan mikirin hal lain selain SPMB. Bangun tidur mikirnya SPMB, mau makan mikirnya SPMB, mau tidur mikirnya SPMB. Ibaratnya, SPMB merupakan kekasih hati yang paling kamu sayangi, hehehe.

Kalau stress kayak gitu, kamu nggak bakalan fit waktu ngerjain SPMB. Ujung-ujungnya, hasilnya nggak akan maksimal, karena diri kamu nggak enjoy.

Nah, nggak usah lama-lama deh, pantengin tulisan ini yuk dan kamu bakalan fit saat ujian SPMB!

 

1. Tidur Nggak Lebih dari Jam 10 Malam

 


(image source: https://unsplash.com/photos/rUc9hVE-L-E)

Jangan tidur terlalu larut ya, Kawan ENS! Kalau bisa pukul jam 21.00 atau jam 22.00, jangan sampai lewat dari jam itu. Beberapa orang nggak mau tidur cepat karena takut menghadapi kenyataan di esok hari. Padahal kalau kamu kurang tidur, kamu akan lelah, mata kamu jadi ngantuk. Malahan, performa kamu saat SPMB jadi nggak maksimal. Jadi, kamu harus istirahat yang cukup ya!

 

2. Minum Air Putih yang Cukup

 

(image source: https://unsplash.com/photos/zFEY4DP4h6c)

Jangan lupa untuk selalu minum air putih yang cukup. Kamu bisa minum air putih sebelum tidur malam agar besok paginya kamu tetap fit… seenggaknya kamu harus minum sebanyak 8 gelas perhari. Tapi sesuaikan juga sama kebutuhan kamu ya, Kawan ENS! Karena kebutuhan pasokan air seseorang itu berbeda-beda.

 

3. Luangkan Waktu untuk Berolahraga

 


(image source: https://unsplash.com/photos/V62UrdknDCA)

Hayo siapa yang masih malas berolahraga? Mungkin kamu pada bingung, “kok mau ujian disuruh olahraga? Capek dong?”. Tenang Kawan ENS, olahraga yang dimaksud bukan yang berat-berat kayak boxing, berenang, dan lain-lain kok.

Tapi kamu cukup olahraga yang ringan-ringan aja, misalnya jalan-jalan santai, lari yang dekat-dekat, atau kamu bisa juga stretching di rumah. Seenggaknya hal tersebut bisa bikin kamu jadi rileks dan fresh. Jadi kamu akan tetap fit saat ujian nanti… hehehe.

 

4. Sarapan yang Bergizi

 


(image source: https://unsplash.com/photos/hHM8nwuqSLY)

Hal ini jangan sampai kelupaan ya, Kawan ENS! Jangan sampai kamu nggak sarapan saat ujian SPMB…

Kamu harus menyempatkan sarapan meskipun cuma sedikit. Lebih baik sarapan sedikit daripada nggak sama sekali. Kalau kamu nggak sarapan, tubuh kamu nggak mendapatkan asupan energi, saat SPMB nanti kamu bakalan nggak fit dan nggak fokus dalam mengerjakan soal.

 

5. Mandi dengan Air Dingin

 


(image source: https://unsplash.com/photos/2wVRh5MpQ0Y)

Mandi air dingin di pagi hari emang ekstrim banget ya… apalagi kalau harus sekolah atau kuliah pagi, kita harus berhadapan dengan dinginnya air di pagi hari. Biasanya kita malah mengakali dengan mandi air hangat.

Padahal nih ya, mandi dengan air dingin itu ada banyak manfaatnya lho…

Salah satunya bisa menjadi pembangkit semangat kamu di pagi hari. “kok bisa ya?”

Karena… banyak dari psikiater menyatakan kalau air dingin mampu membuat hormon-hormon tertentu pada tubuh menjadi aktif. Hormon tersebut adalah hormon anti-depressan yang mampu menambah semangat dan rasa fit kamu di pagi hari.

 

Itulah 5 hal yang harus kamu ketahui agar tetap fit saat ujian SPMB. Semoga hal tersebut dapat membantu kamu ya, Kawan ENS!

Jangan lupa untuk share ke teman-teman kamu agar lebih bermanfaat, goodluck!

 

Penulis: Sarah Farhana

Editor: Dede Nursalam

Related Article