ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

4 cara berlatih bahasa inggris di rumah

Published at 16 Oct 2018 15:51

Tahu gak sih, kalau belajar bahasa inggris bisa dimulai dari rumah loh! Meskipun bahasa Indonesia merupakan bahasa ibu di negara kita, namun dengan mencoba berbicara secara bilingual dirumah, bisa jadi alternatif murah meriah untuk meningkatkan kualitas bahasa inggrismu!

ENS mau ngasih tips mudah yang bisa kamu lakukan di rumah, gak cuma kamu yang nanti jago bahasa inggris, tapi seluruh keluargamu di rumah bakal ikutan jago juga loh.

 

1. Rutin

Buatlah kebiasaan berbicara atau menulis chat menggunakan bahasa inggris dirumah. Buatlah jadwal hari apa saja kamu dan keluargamu akan menggunakan bahasa inggris.

Misalkan, hari senin jam 10 pagi sampai 3 sore untuk berbicara bahasa inggris, dan sisanya kembali menggunakan bahasa indonesia. Sesi pendek ini lebih efektif jika dilakukan secara terus-menerus dan menjadi kebiasaan, dibandingkan durasi yang panjang namun hanya terjadi seminggu sekali.

 

2. Interaktif

Supaya mempermudah didalam kegiatan belajar bahasa inggris, kamu bisa menjadikan kegiatan belajar bahasa inggris ini lebih mudah. Misalkan menyanyikan lagu berbahasa inggris bersama dengan adik atau kakak. 

Bisa juga bermain game bersama namun menggunakan komentar secara teks jika bermain online, dengan menggunakan bahasa inggris.

 

3. Gunakan situasi sehari-hari

Mulailah dengan menghafal nama-nama benda yang ada disekitarmu. Seperti nama perabotan dapur, hingga aktifitas yang dilakukan dirumah.

Dengan belajar bersama keluarga menggunakan bahasa inggris dirumah, kamu juga dapat saling mengoreksi anggota keluarga jika salah dalam berbicara. Belajar pun akan menjadi lebih fun!

 

4. Abaikan tata kata bahasa inggris

Mengabaikan disini maksudnya adalah tidak perlu menggunakan struktur kata yang baku, mulailah dulu pelafalan bahasa yang baik dan benar. Setelah lancar, barulah menggunakan struktur kalimat yang sesuai dengan kaidah bahasa inggris yang baik

Selamat belajar dirumah ya!

 

Oleh: 

Fathia Yasmine

Related Article